Yang-Harus-Dilakukan-Setelah-Menstruasi

Yang Harus Dilakukan oleh Wanita Setelah Menstruasi

Menstruasi atau haid merupakan satu hal yang pasti dilalui oleh semua perempuan baliqh di dunia ini dari jaman jahiliah hingga modern ini. Dengan keluarnya darah haid, maka akan keluar pula seluruh penyakit yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Maka tak heran menstruasi menjadi masa yang ditunggu-tunggu oleh perempuan. Biasanya seseorang yang sudah menginjak usia remaja mulai dari 14 tahun sudah mengalami menstruasi.

Seiring dengan keluarnya darah haid tersebut, maka sudah diwajibkan pula untuknya seluruh syariat islam seperti sholat, puasa, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan oleh perempuan setelah menstruasi agar kembali suci dan dapat melaksanakan ibadah seperti sedia kala.

Hal Wajib yang Harus Dilakukan Setelah Menstruasi

Nah, berikut ini kami akan berikan informasi lengkap mengenai 5 hal wajib yang harus dilakukan wanita setelah menstruasi. Simak ulasan berikut ini.

1. Mandi Wajib

Sebagai seorang muslimah yang taat pasti Anda sudah mengetahui bahwa langkah pertama yang harus Anda lakukan setelah selesai menstruasi adalah mandi besar atau mandi wajib. Mandi Wajib ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan diri dari segala hadast dan najis yang menempel selama masa menstruasi.

Sebagai syarat sahnya, sebelum melaksanakan mandi wajib Anda diharuskan untuk membaca niat dan mengikuti seluruh tata caranya.

Berikut adalah niat mandi wajib yang dikutip dari wisatanabawi.com.

“Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta’aala.”

Selain niat, terdapat beberapa langkah atau tata cara yang wajib dilakukan agar mandi wajib yang dilakukan sah dan diterima Allah SWT, seperti:

  • Mandi wajib diawali dengan membaca niat dengan bacaan seperti di atas
  • Membasuh tangan sebanyak tiga kali dan membersihkan tubuh yang kotor menggunakan tangan kiri
  • Berwudhu dengan niat wudhu seperti biasa
  • Membasuh rambut dan memisahkannya hingga ke pangkal rambut sebanyak tiga kali
  • Mengguyur seluruh tubuh termasuk ke bagian yang tersembunyi menggunakan air.
  • Selesaikan mandi, kemudian diakhiri dengan berwudhu.

2. Mengerjakan Sholat Wajib dengan Segera Setelah Selesai Menstruasi

Hal kedua yang wajib dilakukan seorang perempuan setelah selesai menstruasi adalah sholat fardhu ketika menjelang selesainya waktu menstruasi.

Bagaimana maksudnya?

Pada umumnya seorang perempuan mengalami masa menstruasi paling lambat 7 hari. Namun hingga hari ke-15 jika masih mengeluarkan darah haid, hal tersebut masih dianggap sebagai darah haid. Lebih dari 15 hari, maka darah tersebut dianggap sebagai penyakit.

Jika darah haid telah berhenti ketika ketika waktu sholat meskipun hanya tersisa satu menit, maka seorang tersebut wajib untuk melakukan sholat.

Contohnya:

Di daerah Anda waktu sholat maghrib jatuh pada pukul 17.30. pada pukul 17.29, darah haid Anda berhenti, maka sholat dhuhur dan ashar hukumnya wajib baginya.

3. Membasuh Kuku dan Rambut yang Rontok

Dalam kitab Nihayatuz Zain yang ditulis oleh Syekh Muhammad Bin Umar Nawawi Al Jawi dijelaskan bahwa terdapat larangan untuk memotong kuku maupun rambut ketika sedang masa haid. Hal tersebut dikarenakan kekhawatiran bahwa anggota tubuh yang dipotong tersebut, akan kembali di ahirat dalam keadaan hadast besar.

Untuk rambut yang rontok atau kuku yang sudah terlanjur dipotong, diwajibkan untuk dibasuh bersamaan dengan mandi wajib.

Namun keyakinan ini mengalami beberapa perselisihan, di mana banyak ulama yang memperbolehkan seorang perempuan untuk memotong kuku dan menyisir rambut tanpa khawatir rontok.

4. Membersihkan Diri

Apabila Anda menganut kepercayaan dari Syekh Muhammad Bin Umar Nawawi Al Jawi yaitu dilarang untuk memotong kuku maupun rambut, maka hal yang wajib Anda lakukan setelah selesai menstruasi adalah membersihkan diri.

Agar tubuh tetap dalam keadaan bersih, Anda diwajibkan untuk membersihkan diri dengan memotong kuku, menyisir rambut dan keramas, membersihkan kotoran telinga, memotong rambut yang berada di area tubuh perempuan yang cukup mengganggu.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Pada dasarnya darah haid yang dikeluarkan selama masa menstruasi adalah darah kotor penyebab berbagai penyakit. Namun, dalam beberapa kasus banyak perempuan yang mengalami anemia atau kurang darah.

Hal tersebut menyebabkan tubuh menjadi lemas, pusing, dan tidak fokus.
Maka dari itu, untuk memulihkan tenaga dan stamina setelah masa haid, Anda wajibkan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi.

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi wanita setelah haid sebaiknya mengandung banyak vitamin dan zat besi untuk menambah jumlah darah. Diantaranya seperti sayur bayam, daging merah, buah, dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan lengkap mengenai 5 hal wajib yang harus dilakukan oleh wanita setelah menstruasi. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.