Waze vs Google Maps

Waze vs Google Maps

Baik Google Maps atau Waze, merupakan dua aplikasi yang paling dibutuhkan saat sedang bepergian ke tempat yang belum kita ketahui.

Sebagian pengguna lebih memilih menggunakan Google Maps karena memang sudah tersedia secara bawaan di hampir semua smartphone Android. Sedangkan sebagian lain memilih menggunakan Waze karena memiliki lebih banyak rute alternatif.

Lalu sebenarnya mana yang lebih baik, apakah Google Maps atau Waze? Karena seperti yang kita ketahui bahwa kedua aplikasi ini sama-sama milik Google.

Kita mulai pembahasannya dari Google Maps.

Google Maps

Google Maps adalah aplikasi navigasi dan peta yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan seluruh tempat di penjuru dunia ini menggunakan tampilan default, satelit, dan terrain.

Selain itu, Google Maps juga menyajikan informasi mengenai rute transportasi mobil, motor, sepeda, pejalan kaki, hingga transportasi umum seperti bus dan kereta.

Tidak hanya itu saja, Google Maps juga memuat informasi-informasi detail mengenai sebuah tempat atau lokasi. Seperti cafe, rumah sakit, ATM, pom bensin, toko, sekolah, kantor, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, selain digunakan sebagai navigasi atau petunjuk arah, Google Maps juga sering digunakan untuk mencari sebuah informasi mengenai lokasi tertentu.

Dengan menggunakan Google Maps, kamu juga bisa mencari HP kamu yang hilang, dengan begitu Google Maps bisa digunakan sebagai alternatif dari cara melacak nomor HP.

Google Maps juga telah disinkronisasi dengan beragam transportasi umum seperti kereta api, LRT, MRT, KRL Commuter Line, bahkan Gojek dan Grab. Lengkap dengan jadwal kedatangan hingga biaya.

Menariknya, Google Maps juga masih bisa berjalan meskipun kamu sedang offline. Tapi ada batasannya ya! Jadi tidak semua fitur dapat diakses.

Waze

Pada awalnya, Waze merupakan produk dari Waze Mobile, perusahaan asal Israel. Namun pada tahun 2013, Google mengakui sisi Waze senilai 1,3 miliar dollar AS (Rp17,6 triliun).

Dengan menggunakan Waze, pengguna bisa mendapatkan rute terbaiknya untuk menuju ke tempat tujuan.

Waze juga bisa menampilkan waktu tempuh, rute yang dilawati, rute alternatif, hingga informasi lain seperti kecelakaan, penutupan jalan, dan kemacetan. Sangat mirip dengan Maps.

Namun pada Waze kamu juga bisa melihat informasi mengenai razia lalu lintas, perubahan jalan satu arah dan beberapa info lain yang tidak kamu dapatkan di Google Maps.

Jadi dengan kata lain, Waze lebih cocok digunakan untuk penunjuk jalan. Bahkan aplikasi ini juga sinkron dengan Spotify yang bisa menemani perjalanan kamu.

Pilih Mana?

Untuk kamu yang lebih mementingkan kenyamanan dan navigasi dalam berkendara, maka Waze adalah jawaban yang tepat.

Namun jika kamu ingin menggunakan aplikasi Maps dalam keseharian, seperti mencari informasi lokasi dan sebagainya, maka Maps lebih cocok.