Wajit Cililin

wajit cililin

Cililin adaah salah satu nama daerah di Kabupaten Bandung Barat. Meskipun hanya sebuah daerah berupa kecamatan, tetapi Cililin mempunyai makanan khas yang sangat manis, yaitu Wajit Cililin. Maka dari itu tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke daerah ini tanpa membawa wajit ini sebagai oleh-oleh.

Makanan yang satu ini mempunyai rasa yang manis, dan sangat manis berkat bahan utamanya yaitu gula merah atau gula aren, beras ketan, kelapa, serta tambahan vanili agar aromanya semakin wangi dan enak untuk untuk disantap.

Nah bagi Anda yang penasaran tentang makanan khas yang satu ini, maka kami akan membahas tentang sejarah dan cara membuatnya yang dikutip dari website makanan Foodnesia. Mari simak berikut ini:

Sejarah Wajit Cililin

wajit cililin
suarajabarsatu.com

Nama Wajit Cililin ini rasanya sudah sangat familiar di telinga setiap orang, karena memang makanan yang satu ini sudah terkenal di Indonesia.

Dahulu, orang-orang Cililin sangat bingung memberi nama apa terhadap makanan ini. Namun, ternyata ada orang yang sudah pernah mencoba makanan yang sama persis dengannya, yaitu bernama Wajik dari daerah Jawa.

Kemudian, nama Wajik ini dilokalisasi oleh orang-orang Cililin menjadi Wajit, hingga terciptalah nama Wajit Cililin yang memang berasal dari Bahasa Jawa. Dan tentunya nama tersebut sangat terkenal di Indonesia.

Orang yang pertama kali membuat Wajit ini bernama Juwita dan Uti yaitu pada taun 1916. Dulu, makanan ini tercipta dan terinspirasi dari melimpahnya bahan makanan yang berupa beras ketan yang sangat jarang digunakan pada saat itu.

Hal ini dikarenakan dulu beras ketan adalah salah satu bahan yang istimewa dan hanya boleh dimakan atau digunakan oleh para colonial. Namun, tetap warga dahulu sangat menyukai wajit yang dibuat oleh Juwita dan Uti.

Pada tahun 1936 ada generasi baru yang menggantikan Juwita dan Uti, yaitu Hj. Siti Romlah atau sekarang dikenal dangan nama Irah. Beliau adalah salah satu penentang terhadap kolonial yang melarang menggunakan bahan makanan berupa beras ketan.

Kemudian, Irah ini memberi nama wajit ini dengan nama Wajit Hj. Siti Romlah. Mungkin hal ini juga yang membuat perkembangannya menjadi identitas nama sebuah daerah di Kabupaten Bdnung Barat (KBB).

Resep dan Cara Membuat Wajit Cililin

resep wajit cililin
republika.co.id

Setelah Anda mengenal sejarah dari wajit Cililin, maka selanjutnya kita akan belajar bagaimana resep membuat wajit Cililin yang manis dan lezat.

Wajit adalah salah satu makanan yang berbahan dasar sebagai berikut:

  • 500 gram beras ketan dengan kualitas pilihan
  • 200 gram gula merah atau gula aren yang teksturnya keras dan warnanya kekuningan
  • Kelapa yang sedang yaitu tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda untuk dijadikan santan sebanyak 500 ml
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • Secukupnya daun Jagung kering

Kemudian beginilah langkah-langkah pembuatan Wajit Cililin:

  1. Rendamlah beras ketan selama kurang lebih 2 jam
  2. Setelah direndam, kukuslah beras tersebut selama kurang lebih 30 menit
  3. Kupas lah kelapa yang sudah dipilih tadi lalu hilangkan kulitnya dan hanya ambil daging buahnya saja
  4. Parut kelapa yang sudah diambil tadi kemudian peras sehingga menjadi santan (Wajit Cililin Hj. Siti Romlah menggunakan parutan tradisional)
  5. Masaklah santan dicampur dengan gula pasir, gula merah, daun pandan, dan garam. Masak hingga mendidih, lalu kemudian disaring
  6. Panaskan kembali hasil saringan santan tadi dengan api kecil atau sedang saja, kemudian masukkan ketan yang sudah dikukus tadi ke dalam campuran air santan tersebut. Aduklah semua bahan tersebut sampai adonan matang dan warnanya agak kecoklatan dan berminyak. Jika sudah, silahkan angkat adonan tersebut dan dinginkan
  7. Setelah adonan agak dingin, siapkan daun jagung kering kemudian ambil sekitar satu sendok adonan wajit tersebut dan bungkuslah dengan daun jagung kering tadi
  8. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis
  9. Jika semuanya sudah selesai, maka jemurlah wajit yang sudah dibungkus tadi di bawah sinar matahari agar wajitnya menjadi kering dan keras, tapi ingat jangan sampai terlalu keras.

 

Demikianlah sejarah dan resep membuat wajit Cililin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa praktikkan resepnya di rumah Anda, dan buatlah wajit Cililin yang labih nikmat.