Tips Traveling ke Malaysia

tips traveling ke malaysia

Bagi wisatawan Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri, tiga negara tetangga yaitu, Singapura, Thailand, dan Malaysia sepertinya sudah menjadi pilihan yang utama.

Pun, bagi wisatawan muslim, Malaysia juga termasuk dari negara yang mayoritas penduduknya muslim. Tentu ini membuat kekhawatiran tentang makanan di Malaysia tidak perlu ada.

Di bawah ini merupakan tips traveling ke Malaysia yang dikutip dari LanggasBlog.

Tips Traveling ke Malaysia

Transportasi

Berwisata ke negara tetangga, hanya mengunjungi satu kota saja, sepertinya kurang afdal, saudara-saudara.

Perlu kamu ketahui, kalau ternyata biaya transportasi secara umum di Malaysia tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Sebelas dua belas.

Pilihannya pun beragam, mulai dari transportasi darat, laut atau udara. Kamu bisa pilih sesukamu, kalau memang kamu ada masalah dengan salah satu transportasi — mabuk udara, misalnya.

Lalu bagaimana, bila mau pusing-pusing di satu kota?

Sebenarnya sama saja.

Kamu bisa memilih menggunakan transportasi umum yang tersebar di kota tersebut. Transportasi seperti LRT bisa kamu pakai sesuai kebutuhan.

Tapi, hati-hati — kalau bisa kamu tidak menjelajah kota di saat rush hour seperti waktu pergi dan pulang kerja, bakal penuh LRT-nya.

Selain LRT, kamu juga bisa menggunakan jasa layanan transportasi online seperti Grab di Malaysia. Cara penggunannya sama saja kok!

Penginapan

Sebut saja bujetmu terbatas, tapi sangat ingin melancong ke Malaysia — tidak masalah.

Yang perlu kamu lakukan salah satunya adalah mengencangkan ikat pinggang di sektor akomodasi penginapan.

Yah, namanya juga bujet terbatas, jangan pilih hotel bintang-bintang di sana.

Pilih saja penginapan model hostel atau mencari di direktori AirBnB yang terkenal dengan low cost-nya. Kamu masih bisa kok tidur nyenyak di penginapan model ini.

Tips tambahan untukmu, walau murah — kalau bisa, tetaplah pilih lokasi penginapan yang dekat kota atau dekat terminal transportasi umum.

Hal ini dilakukan agar kamu juga bisa menghemat biaya transportasi nantinya.

Makanan

Mungkin tidak banyak orang yang tahu tips yang ini.

Yang perlu kamu lakukan agar kamu tetap bisa makan normal (wkwk) dengan biaya yang masih terjangkau, adalah dengan mengunjungi food court di Malaysia sana.

Tentu konsepnya hampir sama seperti di Indonesia. Satu tempat banyak kedai, dan kamu tinggal pilih saja mau makan apa dan pesan.

Secara umum, makan di food court Malaysia bisa menghabiskan bujetmu sekitar 50-60 ribuan.

Objek wisata

Tidak hanya objek wisata berbayar yang jelas banyak tersebar di segala penjuru Malaysia, sebaiknya kamu mencoba objek wisata yang free di sana.

Objek wisata seperti pasar tradisional (yang unik), museum-museum, pantai, atau monumen tidak dikenakan biaya di Malaysia.

Oh iya, free di sini tetap relatif ya. Bisa saja dipungut retribusi, tapi tidaklah semahal objek wisata yang sudah terkenal.

Waktu berangkat

Seperti kota dan negara tujuan wisata lainnya, Malaysia pun punya yang namanya low dan high season.

Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa mendapatkan penerbangan dan hotel yang relatif lebih murah di bulan November sampai dengan Maret.

Kenapa?

Karena hampir sama seperti Indonesia, Malaysia di bulan-bulan tersebut sedang musim hujan. Hal ini menyebabkan wisatawan yang berkunjung ke Malaysia berkurang drastis.

Sebaliknya, kalau kamu datang di saat-saat perayaan seperti Tahun Baru Cina, Deepavali, dan lain sebagainya — ya siapkan saja bujet lebih banyak, karena masuk dalam high season.

Segitu dulu ya tips traveling ke Malaysia yang bisa kami rangkum. Semoga bermanfaat.