Batik

Tips Memilih Batik Kemeja Pria Populer 2022

Batik menjadi salah satu warisan budaya yang saat ini masih dilestarikan bahkan dimodernisasi sesuai dengan perkembangan zaman. Batik membawa nilai-nilai budaya Indonesia yang dikenal secara mendunia. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali brand, model, warna, dan motif yang dipasarkan.

Tidak terbatas hanya wanita saja dalam mengadopsi kain batik menjadi busana yang elegan untuk digunakan acara-acara formal. Bahkan kain batik untuk digunakan sebagai kemeja pria pun juga sangat bisa menjadi pakaian formal terbaik dan memiliki ciri, motif dan gaya yang berbeda, sesuai dengan selera masing-masing, 

Untuk kalian yang ingin membeli batik pria, maka artikel ini akan membagikan sedikit tips dalam memilih kemeja batik pria yang memiliki bahan terbaik, bagus dan berkualitas yang sesuai untuk kalian. Salah satu tempat membeli batik yang rekomended adalah Batik Prabuseno, yang merupakan salah satu brandi batik original-premium dan banyak jenis serta motif batik yang disediakan.

Biasanya motif menjadi hal pertama yang dicari saat memilih kemeja batik. Namun tidak hanya subjek yang menentukan apakah sebuah kemeja berpakaian bagus atau tidak. Sebagai rujukan pemilihan, kami telah mengumpulkan poin-poin di bawah ini yang dapat kalian gunakan sebagai rujukan, diantaranya ;

Pemilihan Jenis Kain

Katun adalah bahan yang paling umum digunakan untuk kemeja batik pria di Indonesia. Harga bervariasi dari yang murah sampai yang mahal. Kualitas katun juga bervariasi dan tentunya mempengaruhi harga batik tersebut. For Your Info salah satu bahan batik terbaik untuk membuat kemeja adalah katun Primisima.

Bahan katun tidak hanya nyaman, tetapi juga cocok untuk mereka yang mudah berkeringat karena menyerap keringat dengan baik. Kemeja batik dengan bahan katun terasa sejuk di kulit bahkan dalam cuaca panas. Bagi kalian yang tidak ingin terlihat terlalu formal, kemeja berbahan katun sangat cocok.

Pilih Motif Batik Sesuai Kebutuhan Acara

Motif batik sangat  beragam, maka kalian bisa menyesuaikan sesuai dengan tema batik dengan acara yang akan kalian hadiri. Misalnya batik modern yang merupakan batik saat ini berkembang dengan pesat. Jenis batik ini biasanya memiliki motif abstrak dan tidak terikat pada aturan pola tertentu. Warna yang digunakan sangat beragam. 

Batik pesisir maupun modern cocok untuk kalian yang ingin tampil fresh. Jika ingin tampil lebih formal tanpa terlihat terlalu kuno, kalian bisa memilih batik pesisir. Sedangkan bagi kalian yang berjiwa muda dan ingin tampil fun, pilihlah kemeja batik yang modern. kalian juga bisa memadukannya dengan celana jeans dan sepatu kets agar terlihat lebih gaya.

Pahami Batik Sesuai Dengan Teknik Pembuatannya

Batik asli atau tingkat orisinalitasnya tinggi sebenarnya dibuat dengan menggunakan teknik lilin dan canting ke kain. Proses selanjutnya melibatkan pencelupan berulang untuk melarutkan lilin dan menciptakan warna. Batik ini dikenal dengan batik tulis dan batik cap. Ada juga batik yang dicat, yang dikerjakan dengan kuas, bukan dengan ujung.

Proses awal pembuatan batik tulis ini bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu. Pengerjaan yang rumit dan panjang itulah yang membuat batik tulis lebih bernilai. Namun, sebagian besar kemeja batik yang ada di pasaran saat ini adalah kain batik berstruktur (batik bermotif).

Sebelum membeli, kalian bisa mengecek terlebih dahulu apakah kemeja batik itu yang dijual itu batik tulis, batik cap atau printing. Kemeja batik yang asli, apalagi kemeja batik tulisan tangan yang halus, biasanya dijual dengan harga selangit. Jika kalian menghargai kualitas atau ingin memberikannya sebagai hadiah, kalian harus memilih kemeja batik asli atau kemeja batik bermotif.

Itulah sedikit tips dalam memilih kemeja batik pria, semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan rekomendasi terbaik untuk kalian sebelum membeli batik yang diinginkan. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.