Teks Eksposisi

Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenisnya

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Teks eksposisi adalah sebuah teks yang sering digunakan untuk membujuk seseorang melakukan sesuatu. Untuk mengetahui lebih detail tentang teks eksposisi, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi informasi penting. Teks ini ditulis secara singkat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga seseorang yang membacanya mendapatkan informasi yang akurat dari suatu persoalan.

Ada juga yang mendefinisikan bahwa teks eksposisi adalah sebuah teks yang ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan suatu topik pembahasan melalui paragraf yang singkat, padat dan jelas.

Baca juga : Teks Negosiasi

Kalimat yang digunakan pada teks eksposisi umumnya bersifat mengajak atau menarik perhatian. Sehingga seseorang yang membacanya tertarik untuk mengikuti apa yang dijelaskan pada teks tersebut. Selain bersifat mengajak, teks ini juga bersifat tidak memihak.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Berikut beberapa ciri-ciri dari teks eksposisi :

  • Gaya penulisan bersifat persuasif atau mengajak.
  • Berisi penjelasan mengenai informasi-informasi yang terhubung dengan pengetahuan.
  • Tidak memihak dan bersifat objektif.
  • Penjelasan informasi disertai dengan adanya data yang akurat dan berasal dari sumber yang terpercaya.
  • Penyampaian disampaikan secara lugas.
  • Menggunakan bahasa baku sesuai EYD.
  • Fakta informasi yang diberikan sering digunakan sebagai sebuah alat kontribusi dan konkritasi.

Struktur Teks Eksposisi

Ada 3 struktur teks eksposisi, yaitu tesis, argumentasi dan penegasan kembali.

1. Tesis

Tesis adalah bagian awal dari teks eksposisi. Tesis sering disebut bagian pembukaan. Tesis berisi pendapat penulis secara pribadi mengenai topik yang akan dibahas.

2. Argumentasi

Struktur argumentasi berisi berbagai macam pendapat yang dapat memperkuat pernyataan sebelumnya. Untuk memperkuat pendapatnya, penulis dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Bisa dari para peneliti atau pakar di bidangnya.

3. Penegasan Kembali

Struktur yang terakhir adalah penegasan kembali. Dengan adanya struktur ini, pembaca akan benar-benar dapat memahami sepenuhnya informasi dari teks eksposisi. Struktur ini sering disebut kesimpulan.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Ada beberapa jenis teks eksposisi, yaitu teks berita, ilustrasi, definisi, perbandingan dan analisis.

  • Teks eksposisi berita, merupakan jenis teks eksposisi yang menyampaikan informasi suatu fenomena yang terjadi.
  • Teks eksposisi ilustrasi, merupakan jenis teks yang mendeskripsikan suatu pokok pembahasan agar mudah dipahami oleh pembaca.
  • Teks eksposisi definisi, adalah sebuah teks eksposisi yang berisi informasi tentang pengertian suatu objek. Contohnya teks eksposisi yang menjelaskan tentang pengertian manajemen. Dalam teks tersebut akan berisi penjelasan tentang manajemen.
  • Teks eksposisi perbandingan, merupakan sebuah teks eksposisi yang berisi pokok pembahasan yang membandingkan beberapa hal tertentu.
  • Teks eksposisi analisis, yaitu teks yang berisi tentang penganalisaan suatu pokok pembahasan yang dibuat ke dalam beberapa sub pokok pembahasan.
  • Teks eksposisi pertentangan, adalah jenis teks eksposisi yang berisi tentang pertentangan akan suatu hal.

Demikian ulasan mengenai teks eksposisi. Semoga bermanfaat.