Perbedaan Microwave dan Oven

Perbedaan Microwave dan Oven

Microwave dan oven adalah dua alat yang hampir sama dan digunakan untuk memasak akan tetapi fungsinya jauh berbeda. Selain dilihat dari fungsinya perbedaan microwave dan oven juga dapat dilihat dari penggunaan, sumber energi, dan yang lainnya.

Pada dasarnya microwave dan oven memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mempermudah proses memasak dan mempersiapkan makanan dalam waktu yang singkat. Berikut adalah penjelasan mengenai microwave dan oven dari referensi Yuksinau.id

Pengertian Microwave dan Oven

  1. Microwave

Cara kerja microwave adalah dengan cara microwave menghasilkan radiasi gelombang mikro elektromagnetik untuk memanaskan makanan.

Dimana gelombang mikro ini akan menggetarkan molekul zat makanan yang dapat menimbulkan panas dari dalam zat makanan itu sendiri.

Jadi makanan yang ada di dalam micowave akan dipanaskan dengan cara menggetarkan molekulnya hingga saling bertabrakkan. Semakin cepat getaran yang ditimbulkan, maka samakin tinggi pula panas yang dapat dihasilkan.

Microwave memiliki dua elemen yaitu elemen yang ada di bagian bawah digunakan untuk memanaskan makanan dan elemen yang ada di bagian atas berfungsi untuk memanaskannya sekali lagi.

Suhu dari microwave lebih tinggi dibandingkan dengan oven. Namun microwave memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memanaskan makanan. Walaupun demikian microwave tatap hemat dalam penggunaan sumber energinya.

Kelebihan microwave :

  • Dapat menghasilkan makanan yang bebas dari minyak.
  • Dapat memanaskan makanan dengan sempurna.
  • Lebih hemat dalam pemakaian sumber energi.

Kekurangan microwave :

  • Tidak bisa menghasilkan kulit luar dari makanan yang garing dan kriuk – kriuk.
  • Tidak dapat mengaduk makanan yang ada di dalam.
  • Hanya dapat memanaskan makanan saja.
  1. Oven

Cara kerja oven adalah dengan cara memanggang makanan yang terdapat di dalam ruangan dengan cara memproduksi panas di dalam ruangan yang tertutup sehingga oven akan memanaskan makanan tersebut.

Oven memiliki kipas yang dapat mengedarkan panas secara merata ke seluruh makanan yang ada di dalam oven tersebut dengan waktu yang cukup singkat.

Oven dapat digunakan untuk memasak dan memanggang makanan dari mentah menjadi matang serta dapat juga digunakan untuk memanaskan makanan.

Oven mutifungsi karena sekarang banyak kreasi makanan yang dipanggang, jadi oven serbaguna.

Oven juga memiliki berbagai macam jenis seperti oven konveksi, oven konvensional, oven gas, oven tanah, dan oven microwave.

Selain kelebihan oven di atas, oven juga memiliki kekurangan yaitu :

  • Menghabiskan lebih banyak sumber energi.
  • Harga oven relatif lebih mahal.
  • Harus selalu dijaga dalam penggunaannya.

Perbedaan Microwave dan Oven

Untuk lebih mempermudah anda dalam membedakan antara microwave dan oven sudah kami rangkumkan dalam tabel di bawah ini.

Perbedaan Microwave dan Oven
PembedaMicrowaveOven
Cara KerjaMicrowave akan menghasilkan radiasi gelombang mikro elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Dimana gelombang mikro ini akan menggetarkan molekul zat makanan yang dapat menimbulkan panas dari dalam zat makanan itu sendiri. Jadi makanan yang ada di dalam micowave akan dipanaskan dengan cara menggetarkan molekulnya hingga saling bertabrakkan. Semakin cepat getaran yang ditimbulkan, maka samakin tinggi pula panas yang dapat dihasilkan.Oven akan memanggang makanan yang terdapat di dalam ruangan dengan cara memproduksi panas di dalam ruangan yang tertutup sehingga oven akan memanaskan makanan tersebut.
Konfigurasi MesinMicrowave memiliki dua elemen yaitu elemen yang ada di bagian bawah digunakan untuk memanaskan makanan dan elemen yang ada di bagian atas berfungsi untuk memanaskannya sekali lagi.Oven memiliki kipas yang dapat mengedarkan panas secara merata ke seluruh makanan yang ada di dalam oven tersebut.
WaktuLebih lambat (lama)Jauh lebih cepat
Suhu OperasionalSuhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan oven.Suhu yang lebih rendah yaitu sekitar 50 derajat lebih rendah dari microwave.
PenggunaanCukup sulit untuk digunakan.Lebih mudah digunakan.
Digunakan untukMemanaskan makanan sudah jadi saja.Memasak dan memanggang makanan dari mentah menjadi matang serta dapat juga digunakan untuk memanaskan makanan.
Sumber EnergiListrikListrik, gas, dan kompor tanah maupun kayu bakar.
Kelebihan1.   Dapat menghasilkan makanan yang bebas dari minyak.

2.   Dapat memanaskan makanan dengan sempurna.

3.   Lebih hemat dalam pemakaian sumber energi.

Mutifungsi, karena sekarang banyak kreasi makanan yang dipanggang. Jadi oven serbaguna.
Kekurangan1.   Tidak bisa menghasilkan kulit luar dari makanan yang garing dan kriuk – kriuk.

2.   Tidak dapat mengaduk makanan yang ada di dalam.

3.   Hanya dapat memanaskan makanan saja.

1.   Menghabiskan lebih banyak sumber energi.

2.   Harga oven relatif lebih mahal.

3.   Harus selalu dijaga dalam penggunaannya.

Itulah beberapa penjelasan, pengertian, perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari microwave dan oven. Jadi anda dapat lebih bijak lagi dalam membeli barang sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih 🙂