Perbedaan Bilangan Asli, Cacah, Bulat, dan Rasional

bilangan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 4 jenis bilangan, yaitu bilangan aslli, bilangan cacah, bilangan bulat, dan bilangan rasional.

 

Sebenarnya masih banyak jenis bilangan lainnya yang lebih spesifik, namun keempat jenis bilangan ini merupakan jenis bilangan paling dasar dalam ilmu matematika dasar yang diajarkan pada tingkat pendidikan sekolah dasar.

Melalui pembahasan ini, anda diharapkan dapat mengetahui apa saja perbedaan keempat jenis bilangan tersebut, ciri-cirinya atau karakteristiknya, hingga hubungan antara satu jenis bilangan dengan jenis bilangan lainnya.

Langsung saja kita simak pembahasannya berikut.

Bilangan Asli

Di sisi bilangan, bilangan paling dasar adalah bilangan 1, dan deskriptor paling spesifik di himpunannya disebut bilangan asli. Bilangan asli adalah semua angka yang Anda pelajari ketika Anda masih kecil, seperti 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan seterusnya. Bilangan asli juga kadang-kadang disebut bilangan hitung karena itu angka pertama yang Anda pelajari dengan cara menghitung.

Bilangan Cacah

Semua bilangan asli adalah bagian dari bilangan cacah, sama seperti semua orang yang tinggal di Jakarta juga tinggal di Indonesia. Tetapi ada 1 bilangan cacah yang bukan bilangan asli. Bilangan tersebut adalah angka 0. Jadi saat kita berbicara tentang bilangan cacah, kita berbicara tentang bilangan yang dimulai dari 0 dan mulai naik 1, 2, 3 dan seterusnya.

Bilangan Bulat

Berdasarkan analogi dari bilangan cacah, tidak semua bilangan bulat adalah bilangan cacah dan bilangan asli. Tetapi semua bilangan cacah dan bilangan asli adalah bilangan bulat. Bilangan bulat juga memuat bilangan negatif: -1, -2, -3 dan seterusnya yang bernilai negatif juga.

Bilangan Rasional

Dalam ilmu matematika, bilangan rasional merupakan bilangan yang bisa dinyatakan sebagai hasil pembagian dari 2 bilangan bulat (x/y), dimana pembilang x dan pembagi non-nol y. Karena y bisa sama dengan 1, jadi setiap bilangan bulat adalah bilangan rasional.

Demikian pembahasan tentang 4 jenis bilangan asli, cacah, bulat, dan rasional dari pengertian dan hubungan dari ke-empat jenis bilangan tersebut. Diharapkan setelah mempelahari keempat jenis bilangan di atas, anda bisa membedakan suatu bilangan termasuk jenis bilangan yang mana. Semoga bermanfaat.