Pengertian Firewall

Pengertian Firewall

Apa itu firewall? Untuk apa fungsinya? Dan bagaimana cara kerjannya?

Berikut kami berikan ulasan lengkap mengenai pengertian firewall beserta fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian Firewall

Dikutip dari bagusal.com, firewall adalah sebuah sistem yang didesain khusus untuk mencegah akses mencurigakan masuk ke dalam jaringan komputer. Firewall dapat berupa hardware (perangkat keras) atau software (perangkat lunak). Bisa juga terdiri dari kombinasi keduanya. Firewall dapat diartikan sebagai sistem keamanan pada perangkat komputer.

Firewall memiliki tugas utama, yaitu memonitor dan mengontrol semua koneksi masuk dan keluar pada komputer. Ada dua jenis firewall, yaitu hardware dan software. Keduanya memiliki pengaturan yang berbeda, namun tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi keamanan jaringan.

Firewall berbasis hardware adalah perangkat keras yang ada dalam sistem jaringan, contohnya router. Firewall jenis ini membutuhkan konfigurasi agar dapat bekerja secara efektif.

Sedangkan firewall berbasis software adalah solusi untuk melindungi jaringan bagi pengguna internet di rumah. Firewall jenis ini biasanya dibuat dalam bentuk aplikasi terpisah atau sebagai fitur tambahan dari antivirus. Berfungsi untuk melindungi trafik inbound dan outbound. Selain itu, firewall ini juga menghindarkan komputer kamu dari virus Trojan dan Worm.

Fungsi Firewall

Diatas sudah disinggung beberapa fungsi dari firewall, namun masih ada beberapa lagi. Berikut ini beberapa fungsi dari firewall :

1. Melindungi Data dari Hacker

Dengan adanya firewall, hacker dan pengguna asing tidak akan bisa mengakses data yang kita miliki. Tanpa adanya firewall, perangkat komputer akan rawan dicuri datanya.

2. Block Pesan yang Tidak Diinginkan

Selain mencegah hacker, firewall juga dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan atau pesan spam.

3. Mengakses Layanan VPN

Firewall juga dapat digunakan untuk memfasilitasi koneksi VPN atau Virtual Private Network. Dengan layanan ini, pengguna dapat mengakses jaringan internal kamu. Kamu juga bisa mengakses website yang diblokir oleh pihak tertentu.

4. Memodifikasi Paket Data yang Datang

Hal ini dikenal dengan sebutan NAT atau Network Address Translation. NAT digunakan untuk menyembunyikan IP addres. Sehingga para pengguna dapat mengakses internet tanpa IP address publik. Hal ini sering disebut dengan istilah IP masquerading.

5. Mencatat Aktivitas Pengguna

Fungsi firewall yang selanjutnya adalah mencatat setiap aktivitas pengguna. Jadi, setiap akan mengakses data, pengguna akan melalui firewall dan akan dicatat sebagai dokumentasi atau log file. 

Cara Kerja Firewall

Bagaimana cara kerja firewall? Pada dasarnya, cara kerja firewall adalah dengan membatasi komputer pribadi dengan internet. Firewall bekerja seperti penjaga keamanan di depan rumah yang akan memfilter pengunjung yang datang dan mencegah penyusup masuk.

Nah itulah ulasan singkat mengenai pengertian firewall beserta fungsi dan cara kerjanya.