Pahala Memelihara Kucing

Dalam Islam, kucing termasuk salah satu hewan istimewa. Hal ini didasarkan pada cerita atau kisah yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad semasa hidupnya juga memiliki kucing yang diberi nama Muezza.

Nabi sangat mencintai Muezza. Bahkan, konon Nabi pernah menggunting bagian jubahnya agar tidak mengganggu Muezza yang sedang tidur di atas jubah tersebut.

Nah, bagi Anda yang berniat memelihara kucing, jangan tunda untuk mewujudkan niat tersebut. Karena selain Islam tidak melarang, memelihara kucing juga bisa menjadi sumber pahala sebagai bekal hidup di akhirat kelak.

Berikut akan kami sajikan ulasan tentang pahala memelihara kucing serta beberapa manfaat memeliharanya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak ragu lagi untuk memelihara kucing.

Pahala dan Manfaat Memelihara Kucing

1. Pemberat Timbangan Kebaikan

Memelihara kucing sebagaimana hewan peliharaan lainnya pasti akan tercatat sebagai amal kebaikan di sisi Allah.

Dengan catatan, Anda memelihara kucing tersebut dengan baik dan tidak berlebihan apalagi sampai menganggapnya sebagai pembawa keberuntungan.

2. Mendapat Rahmat Allah di Akhirat Kelak

Allah telah berjanji akan merahmati siapapun yang menyayangi kucing atau meong dan hewan lainnya bahkan hewan sembelihan. Rahmat ini bisa berupa ampunan dosa di hari penghisaban kelak.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Nabi melalui sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang bunyinya: “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.” (HR. Bukhari).

3. Pahala Sedekah

Dalam proses memelihara kucing, kita pasti memberi makan dan minum kepada hewan tersebut. Dan, setiap makanan dan minuman yang kita berikan, pastinya akan tercatat sebagai amal sedekah di sisi yang maha kuasa.

Hal ini juga selaras dengan sabda Nabi Muhammad dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Hadits tersebut berbunyi: “Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuh-an yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah” (Bukhori, Muslim).

4. Pengampunan Dosa

Setiap perbuatan baik yang kita lakukan pasti akan mendatangkan pahala dan ampunan dari Allah. Apalagi, hewan yang akan kita pelihara yakni kucing, adalah salah satu hewan kesayangan Nabi.

Islam memang mengajarkan kita untuk berkasihsayang pada semua makhluk ciptaan allah.

Bahkan, berkasihsayang dengan cara membantu hewan yang termasuk nakjis pun, bisa menjadi penyebab dosa kita diampuni Allah.

 “Seorang wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan diambilnya air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatannya itu dosanya diampuni”. (HR. Bukhari).

5. Disayangi Penghuni Langit

Berbuat baik dan berkasihsayang kepada sesama termasuk pada hewan, bisa menjadi sebab manusia disayangi para penduduk langit yakni para Malaikat.

Dan sudah pasti, Malaikat akan mendoakan kebaikan bagi manusia yang mereka sayangi.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh muslim yang berbunyi: “Orang yang penyayang maka juga akan disayangi oleh Allah. Sayangilah makhluk Allah yang ada di muka bumi, maka niscaya juga akan disayangi penghuni langit”. (HR. Muslim).

6. Melatih Empati

memelihara kucing juga dapat memberi manfaat berupa rasa empati terhadap orang yang memeliharanya.

hal ini tentunya sangat baik apalagi kalau Anda masih punya anak kecil di rumah.

dengan melatihnya berinteraksi bersama si meong, empatinya akan terus terbentuk dan ia akan terbiasa berempati menolong orang lain.

7. Pengusir Tikus dan Serangga

Kita tahu bahwa serangga dan tikus sangat takut terhadap kucing.

Dengan demikian, kucing bisa dijadikan pengusir tikus dan serangga yang sangat efektif.

Jadi dengan memelihara kucing, Anda tidak perlu menggunakan perangkap atau racun untuk mengusir tikus-tikus yang berkeliaran di rumah Anda.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa manfaat dan pahala memelihara kucing. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera membeli atau mengadopsi kucing.

Ingat, pastikan kucing yang Anda pelihara diberi perhatian dan dipenuhi segala kebutuhannya. Sebab, pada dasarnya dari perhatian dan kasih sayang tersebutlah Anda akan mendapatkan pahala di sisi tuhan yang maha kuasa.