Oppo Reno4 Pro

Oppo Reno 4 Pro

OPPO Reno4 Pro baru-baru ini membuat debut globalnya dari India. Dengan harga Rp 7.500.000, smartphone ini adalah penawaran kelas menengah dengan fitur-fitur yang terinspirasi oleh penawaran premium perusahaan.

Ini termasuk layar sensor 3D tanpa batas OPPO – itu hanya nama mewah untuk layar melengkung samping dan kemampuan pengisian cepat 65W.

Selain itu, ponsel ini memiliki desain yang berbeda dan port audio out 3.5mm, kombinasi yang tidak dimiliki kebanyakan smartphone lain di segmen kelas menengah.

Review Oppo Reno 4 Pro

Artikel ini ditulis oleh kontributor Sudutnusantara.com yang bakal mengupas semuanya. Secara keseluruhan, OPPO Reno4 Pro tampaknya serba bisa dengan sesuatu untuk semua orang. Tetapi apakah cukup baik untuk membenarkan harga premium kelas menengahnya? Mari cari tahu.

Spesifikasi Oppo Reno 4 Pro

  • 6,5 inci FHD + (2400 x 1080) layar AMOLED, 402ppi
  • Corning Gorilla Glass 5
  • Qualcomm Snapdragon 765G (7nm) 2.4GHz octa-core CPU
  • Adreno 620 GPU
  • 8GB, 12GB LPDDR4x RAM
  • 128GB, 256GB
  • Kamera tiga-belakang UFS 2.1 :
    • 48MP Sony IMX586 F1.7 utama, OIS
    • 12MP Sony IMX708 F2.2 ultra-lebar
    • 13MP F2.4 telefoto
  • Kamera depan:
    • 32MP F2.4 utama
  • Dual-SIM
  • 5G, 4G + LTE
  • WiFi 802.11 a / b / g / n / ac
  • Bluetooth 5.1
  • USB Type-C
  • NFC
  • GPS (L1 + L5), A-GPS, BDS, GLONASS, Galileo (E1 + E5a), Pemindai
  • sidik jari QZAA (dalam-tampilan)
  • Face Unlock
  • ColorOS 7.2 (Android 10) dengan Hyper Boost 3.0
  • 4,000mAh (2x 2,000mAh) 65W Flash Charge (SuperVOOC 2.0)
  • 159.6 x 72.5 x 7.6mm
  • 172g
  • Crystal Diamond Blue, Crystal Diamond Red, Dream Mirror Black, Titanium Blank, Midsummer Fluorescence

OPPO Reno4 Pro: Desain

OPPO Reno4 Pro memiliki konstruksi tipis (7.7mm), kompak dan ringan (161g) dengan ergonomis yang terasa natural untuk digenggam dan nyaman untuk dioperasikan. Bagian depan ponsel didominasi oleh layar melengkung ke samping dengan lubang untuk kamera depan – itulah satu-satunya gangguan pada profil depan yang mulus.

Bagian belakang ponsel menawarkan desain gradien yang terlihat mempesona, terutama pada varian warna malam berbintang (unit yang kami ulas). Terbuat dari plastik, cover belakangnya mudah tergores.

Namun, tekstur matte menyembunyikan goresan-goresan ini dan juga meningkatkan cengkeraman telepon. Seperti bagian belakang, rangka ponsel juga terbuat dari plastik dan dilapisi cat glossy, yang mungkin akan layu setelah digunakan dalam waktu lama.

Secara umum, OPPO Reno4 Pro adalah desain yang luar biasa, bahkan dengan bahan konstruksinya yang dipertanyakan – bingkai plastik tipisnya tidak terlihat kokoh dan mungkin kehilangan kilau mengkilapnya seiring waktu.

OPPO Reno4 Pro: Tampilan

Melengkapi desain OPPO Reno4 Pro adalah layar super AMOLED melengkung di samping dengan kecepatan refresh 90Hz. Layar lengkung samping mungkin tidak memiliki keunggulan besar dibandingkan panel datar tetapi menambahkan kebaruan pada desain ponsel dengan menghilangkan bezel samping dan terasa alami untuk digunakan, terutama dengan kontrol navigasi berbasis gerakan.

Selain itu, kecepatan refresh 90Hz tampilan membuat transisi antarmuka pengguna menjadi hidup dan membuat konten di layar terlihat hidup. Kecepatan refresh dapat diatur ke adaptif dari pengaturan tampilan untuk menyesuaikan kecepatan refresh berdasarkan persyaratan konten di layar. Ini menghemat daya baterai tanpa mengorbankan pengalaman keseluruhan.

Mengenai kualitas, layarnya cerah, tajam, dan responsif. Ini diatur untuk membuat warna yang hidup secara default, dan Anda dapat menyesuaikannya dari pengaturan tampilan untuk menggunakan warna-warna alami.

Meskipun OPPO tidak menentukan apakah panel tersebut mendukung format HDR (HDR10 atau HDR10 +), ia berhasil membuat konten HDR10 tersedia di YouTube dan Amazon Prime Video dengan kontras yang ditingkatkan dan rentang dinamis. Namun, di Netflix, penyempurnaan seperti itu tidak terlihat.

OPPO Reno4 Pro: Kamera

OPPO Reno4 Pro memiliki modul quad-camera di bagian belakangnya, yang menampilkan sensor utama 48 megapiksel, sensor ultra lebar 8MP, sensor makro 2MP, dan sensor monokrom 2MP. Di bagian depan, ponsel ini memiliki sensor 32MP untuk selfie.

Meskipun menampilkan empat sensor berbeda di bagian belakang, ponsel ini tidak memiliki keserbagunaan dan keseluruhan pencitraannya kurang memuaskan. Kamera belakang utama ponsel menangkap bidikan detail dengan jangkauan dinamis yang baik tetapi reproduksi warna tidak alami dan foto terlihat sangat diproses.

Serupa dengan itu, sensor ultra-lebar bekerja dengan baik untuk menangkap detail tetapi outputnya tidak memiliki akurasi warna dan menunjukkan distorsi efek barel di tepinya. Meskipun ponsel tidak memiliki lensa telefoto, namun bisa mencapai 10x dengan zoom digital.

Menariknya, zoom berfungsi dengan baik dan foto yang diambil pada zoom 5x dan 2x dalam kondisi siang hari terlihat layak. Sedangkan untuk sensor makro, tidak ada opsi di antarmuka pengguna kamera untuk menggunakan sensor tersebut. Mengaktifkan deteksi pemandangan otomatis adalah satu-satunya cara untuk mengambil bidikan close-up menggunakan sensor makro, tetapi itu tidak selalu berhasil.

Dalam cahaya redup, hanya kamera utama yang berfungsi dengan baik. Untungnya, ponsel ini memiliki mode malam khusus, yang sebagian besar meningkatkan pencitraan cahaya rendah. Mode malam juga mendukung sensor ultra-lebar, dan gambar yang diambil dalam mode malam melalui sensor ultra-lebar keluar dengan baik.

OPPO Reno4 Pro: Kinerja

OPPO Reno4 Pro ditenagai oleh sistem-on-chip Qualcomm Snapdragon 720G, dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Ini mem-boot sistem operasi Android 10 yang tercakup dalam antarmuka pengguna ColorOS 7.2 milik OPPO. Selain detailnya, Reno4 Pro adalah tas campuran dalam hal kinerja.

Ini menangani tugas sehari-hari dengan mudah dan tidak menunjukkan kelemahan dalam menangani aplikasi intensif prosesor atau grafis. Kadang-kadang lambat tetapi tidak terlalu merusak pengalaman pengguna.

Apa yang merusak pengalaman pengguna, bagaimanapun, adalah ketidakkonsistenan di UI. Telepon tiba-tiba berhenti bekerja hanya untuk melanjutkan sendiri setelah beberapa menit.

Ada aplikasi yang menutup secara otomatis dan browser Chrome tampaknya sangat terkena gangguan – itu macet dan tidak berfungsi kecuali Anda menutup paksa dan memulai ulang. Konon, ponsel bukanlah pelaksana daya.

OPPO Reno4 Pro: Baterai

Ponsel ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 4.000 mAh, yang membuatnya dapat digunakan seharian penuh dengan pengisian penuh. Waktu di baterainya mungkin tidak luar biasa, tetapi waktu pengisian daya sangat baik, berkat pengisi daya cepat superVOOC 2.0.

Pengisi daya cepat 65W ini mengisi daya baterai ponsel yang benar-benar habis hingga 100 persen dalam waktu sekitar 35 menit, yang merupakan pengisian daya tercepat yang Anda dapatkan di smartphone saat ini.

OPPO Reno4 Pro: Putusan

OPPO Reno4 Pro mahal dan mungkin tidak memiliki kesempatan untuk bersaing dengan kelas berat lainnya di segmen smartphone kelas menengah – seperti Realme X2 Pro, OnePlus 7T, OnePlus Nord, dll. D

Di departemen yang terisolasi tetapi gagal untuk mengesankan sebagai paket lengkap, terutama dalam terang harga kelas menengah premium. Itu tidak memiliki kinerja dan pencitraan yang Anda harapkan dari smartphone kelas menengah. Namun, lapisan peraknya adalah desain, tampilan, dan baterai.