5 Kuliner di Semarang yang Layak untuk Dicoba

Lumpia Semarang

Semarang adalah kota yang memiliki banyak destinasi wisata sejarah. Hal ini tidak mengherankan sebab jika ditelisik lagi, beberapa bangunan di Semarang masih memiliki pengaruh dari budaya Belanda, Cina, dan Jawa, yang menghasilkan peradaban dan percampuran budaya. Selain dari bangunannya, pertukaran budaya ini juga terlihat pada kuliner di Semarang.

Jika Anda sedang berada di Semarang, rasanya sayang sekali  jika Anda tidak menyisihkan waktu Anda untuk menyantap berbagai kulinernya yang sangat lezat. Kira-kira apa saja ya kuliner yang bisa Anda nikmati jika Anda berada di Semarang?

Kuliner di Semarang yang Menggugah Selera

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah jenis makanan seperti gorengan dengan kulit lumpia  yang diisi dengan  rebung manis yang gurih dan campuran ayam, udang, dan telur. Hidangan ini menawarkan paduan rasa Jawa dan Cina yakni asin, manis dan pedas.

Anda bisa menikmati lumpia dengan cabai rawit atau dicelupkan ke sausnya yang lezat. Nah, salah satu toko yang menjual lumpia enak adalah Lumpia Delight di Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Semarang Tengah. Warung ini buka mulai pukul 5 pagi sampai 10 malam.

Bandeng Presto

Bandeng adalah ikan yang terkenal sulit untuk dimakan dikarenakan tesktur. Namun jika bandeng dipresto, maka durinya sangat lembut atau juicy.. Anda bisa menikmati ikan ini dengan durinya sekaligus, apalagi jika ikan sudah dibumbui dengan berbagai rempah-rempah.

Nah, salah satu toko yang menjual bandeng presto enak adalah Bandeng Juwana. Anda bisa menemukan toko ini di Jl. Pandanaran nomor 57, Semarang Selatan. Toko ini buka mulai pukul  6:30 pagi hingga 11 malam

Tahu Gimbal

Untuk Anda yang mencari hidangan yang sulit ditemukan di tempat lain, Anda bisa mencoba Tahu Gimbal. Hidangan khas Semarang ini terdiri gimbal yang terbuat dari udang dan dibalur tepung, kemudian tahu kuning goreng, potongan kobis, lontong dan telur dadar.

Setelah itu tahu gimbal disira, dengan saus kacang goreng dan seledri cincang membuat makanan khas Semarang satu ini begitu lezat. Tahu Gimbal Pak Is yang beralamat diJalan Menteri Supeno Mugassari adalah salah satu warung makan yang terkenal dengan tahu gimbalnya yang enak.

Tahu Pong

Masih bertema tahu, kali ini ada  adalah hidangan tahu lainnya yang tidak kalah lezat, namanya adalah tahu pong. Tahu goreng ini diberi nama pong karena dalam bahasa Indonesia, pong memiliki arti kosong.

Meski tidak berisi, tahu ini menarik karena kulit luarnya renyah namun sangat lembut di bagian dalamnya. Tahu Pong Semarang yang terkenal ada di Jl. Gajahmada No.63B, Kembangsari, Kota Semarang. Adapun jam bukanya adalah 11:30 siang hingga 8 malam.

Babat Gongso

Foto by: @kuliiiner

Apakah Anda merasa jijik mengkonsumsi makanan yang berasal dari jeroan sapi? Namun jangan kaget ketika Anda mencicipi Babat Gongso khas Semarang karena makanan satu ini disajikan dengan sangat lezat dan Anda pastinya tidak akan merasa jijik jika sudah menikmatinya.

Banyak wisatawan dan orang Semarang sendiri yang menyukai hidangan khas Semarang ini. Satu mangkok babat gongso terdiri dari babat dan jeroan sapi yang dimasak rempah-rempah. Salah satu babat gongso terkenal adalah Babat Gongso Pak Karmin yang bisa Anda temukan di daerah Kauman, Semarang Tengah.

Untuk Anda yang suka berwisata kuliner, 5 makanan khas kota Semarang di atas sepertinya layak untuk Anda cicipi. Selain legendaris, cita rasa makanan di atas sangat menggugah selera. Selain itu jangan lupa untuk berjalan-jalan di wisata Umbul Sidomukti yang juga menjadi salah satu tujuan wisata di kota Semarang.

Author: susan

Mahasiswa perguruan tinggi Jakarta yang berdomisili di Jakarta Pusat, penyuka kucing, tanaman hias. Mempunyai minat dibidang writer dan internet marketing.