Waspadai 5 Jenis Kanker ini Banyak Mengincar Kaum Milenial

kanker kaum milenial

Kanker serviks maupun kanker lainnya adalah masalah kesehatan yang selalu mengancam, terutama seiring bertambahnya usia. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa kanker hanya menyerang orang berusia lanjut, namun sebuah penelitian baru menunjukkan beberapa tipe kanker meningkat secara dramatis pada kaum muda.

Studi yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang berjudul Lancet Public Health oleh American Cancer Society mengalanisis data dari orang dengan usia 25-84. Dari jurnal ini, menemukan bahwa kebanyakan dari mereka terkena penyakit kanker di antara usia 25 dan 49, yang khususnya pada jenis kanker dan berhubungan dengan obesitas.

Kanker yang Mengincar Milenial

Kanker kolorektal

Kanker kolorektal merupakan salah satu kanker ini menyerang pada usus besar atau pada bagian yang berada paling bawah dari usus besar.Usus ini juga yang terhubung ke bagian anus atau yang dinamakan rektum. Kanker ini bisa dinamai kanker kolon atau banyak juga yang menyebutnya kanker rektum, tergantung pada lokasi tumbuhnya kanker.

Gejala kanker kolorektal ini seringkali dirasakan oleh penderita kanker ketika penyakit ini sudah berkembang cukup jauh. Jenis gejala-gejalanya tergantung pada ukuran dan lokasi tumbuhnya kanker ini.

Kanker endometrium

Bukan kanker serviks, kanker endometrium merupakan salah satu kanker yang berasal dari jaringan atau selaput lender rahim yang tumbuh di luar rahim. Padahal, seharusnya jaringan ini (endometrium) melapisi bagian dinding rahim. Kanker endometrium ini pun tumbuh pada ovarium, tuba falopii, dan saluran menuju vagina.

Tumbuhnya jaringan endometrium yang ada di luar rahim ini memiliki kemungkinan yang disebabkan oleh darah menstruasi masuk kembali ke tuba falopii dengan membawa jaringan dari lapisan dinding rahim. Hal ini membuat jaringan tersebut kemudian menetap dan tumbuh di luar rahim.

Selain itu, ada juga kemungkinan lain terjadinya kanker serviks, misalnya yakni karena jaringan endometrium ini terbawa ke luar rahim melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.

Kanker kantung empedu

Beberapa orang menyebutnya sebagai kandung pada empedu. Kanker yang satu ini termasuk jenis penyakit yang langka namun dapat menyerang milenial. Kanker ini merupakan penyakit dimana sel-sel ganas (kanker) ditemukan dalam jaringan kantung empedu. Kandung empedu sendiri memiliki tugas menyimpan empedu, cairan yang diproduksi oleh hati mencerna lemak.

Kanker ginjal

Dari namanya saja, kanker ginjal adalah salah satu jenis kanker yang pada awalnya muncul di bagian ginjal. Manusia sendiri memiliki dua buah ginjal yang terletak di kedua sisi punggung bawah dan berada di bawah tulang rusuk.

Generasi muda yang saat ini memiliki kondisi kesehatan banyak semakin buruk karena pola hidup yang tidak sehat. Hal ini juga yang memicu obesitas hingga dapat meningkatkan risiko kanker. Hal ini menurut peneliti di American Cancer Society.

Kanker pankreas

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pankreas. Sebaliknya, tumor yang ganas tumbuh di organ pankreas juga dan menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes.

Selain itu, terdapat dua jenis penyakit kanker yang mengalami peningkatan walaupun tidak terkait dengan penyakit obesitas. Dua penyakit kanker tersebut yaitu kanker saluran pencernaan dan kanker darah berjenis leukemia. Kanker-kanker yang telah disebutkan pun memiliki kemungkinan menyerang anak milenial.

Walaupun tidak semua kanker dapat dicegah, ada baiknya untuk tetap menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bukan hanya agar terhindar dari kanker tetapi semua jenis penyakit. Pengetahuan tentang kanker yang mengancam kaum milenial ini memiliki tujuan agar anda tetap waspada dengan kesehatan terutama jika mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

Author: susan

Mahasiswa perguruan tinggi Jakarta yang berdomisili di Jakarta Pusat, penyuka kucing, tanaman hias. Mempunyai minat dibidang writer dan internet marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *