Harga Rumah di Kota Pekanbaru

harga rumah di pekanbaru

Dalam beberapa waktu terakhir Pekanbaru sepertinya memang menjadi incaran banyak investor properti. Ini bisa dilihat dari semakin ramainya dibuka kompleks perumahan di Provinsi Riau ini.

Pergerakan harga tanah yang semakin tajam seiring dengan berjalannya waktu. Tentu saja akan menguntungkan bagi pihak investor.

Jika Anda termasuk satu dari sekian orang yang berencana untuk berinvestasi bangunan berupa hunian di Pekanbaru.

Ada beberapa poin yang sebaiknya diperhatikan. Mulai dari pemilihan lokasi strategis, denah rumah, rentang harga, dan tipe rumah yang diinginkan.

Di bawah ini adalah informasi terlengkap mengenai lokasi dan harga murah, yang diurutkan berdasarkan pada tipe rumah:

Harga Rumah di Pekanbaru

1) Rumah Tipe 21/24

Dimulai dari tipe bangunan rumah paling kecil, yaitu 21/24. Tipe ini mengusung ukuran antara 3 x 7 meter – 4 x 6 meter.

Denah rumah untuk tipe ini biasanya terdiri dari 1 carport dengan sistem terbuka, 2 buah kamar tidur, 1 ruang multifungsi yang dapat digunakan sebagai kitchen, dan 1 buah kamar mandi.

Rumah tipe 21 menggunakan pondasi batu bata, dengan struktur beton.

Bagian dinding dibuat dari bahan bata merah, lantai full keramik, atap spandek dengan rangka kayu, kusen kayu, jendela berangka kayu. Lalu, dilengkapi dengan listrik berdaya 1300 Watt.

Di kota Pekanbaru, rumah minimalis tipe 21 ini berada di kisaran angka mulai Rp. 130.000.000 – Rp. 350.000.000.

Jadi, tergantung pada desain rumah, material bahan yang digunakan, serta fasilitas yang ditawarkan.

2) Rumah Tipe 36/61

Selanjutnya adalah tipe 36, yang bisa dikatakan sangat diminati di kalangan publik Indonesia.

Normalnya rumah 36 ini dibangun pada tanah dengan luas mulai 60 m2 – 90 m2. Untuk struktur tata ruang, tidak jauh berbeda dengan rumah tipe 21.

Yang berbeda adalah bagian halaman depan maupun belakang lebih luas. Sehingga penghuninya dapat membangun ruang bermain outdoor, atau taman mini.

Meskipun spesifikasinya nyaris sama dengan tipe 21. Tapi biasanya material bahannya lebih bagus.

Perumahan di kota Pekanbaru dengan tipe 36 di banderol dengan harga mulai dari Rp. 138.000.000. Dimana rumah ini mengusung 2 kamar tidur, dengan 1 kamar mandi.

Lokasinya juga sangat strategis, karena berada di area pusat kota.

3) Rumah Tipe 45

Hunian dengan luas 45 m2 yang mengusung layout 7.5 x 6 m ini sangat cocok untuk ditinggali oleh sebuah keluarga kecil.

Rumah tipe ini memang sangat diminati, khususnya oleh kalangan kelas menengah. Apalagi, pilihan material bahannya juga lebih berkualitas.

Umumnya rumah tipe 45 dibangun dengan pondasi batu kali. Dengan keramik size 40 x 40 cm. Kemudian dinding berbahan celcon brick, dan atap rangka baja ringan. Selain itu, bagian kusen pintu, serta jendela juga diberi finishing cat pelitur.

Di pasaran properti area Pulau Jawa, umumnya rumah tipe 45 berada di kisaran angka Rp. 450.000.000.

Namun di kota Pekanbaru, rumah tipe ini bisa didapatkan dengan budget mulai dari Rp. 250.000.000. Jadi, harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk semua kalangan.

4) Rumah Tipe 54

Selanjutnya adalah rumah dengan tipe 54. Yang dibangun di atas lahan dengan luas mulai 120 m2 – 150 m2.

Tipe 54 juga sering disebut sebagai smarthouse, ini karena potensial sekali jika ingin menambah lantai atas. Jadi, Anda dapat membangun lantai 2 sewaktu-waktu.

Untuk material bahan yang digunakan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe 45. Hanya saja, bagian pintu dan jendela diberi finishing melamin.

Dengan sumur bor, dan juga carport dari beton. Rumah tipe ini di banderol mulai harga Rp. 250.000.000 di kota Pekanbaru.

5) Rumah Tipe 60

Rumah yang dibangun dengan ukuran 6 x 10 meter – 6 x 12 meter ini sudah pasti cukup luas. Tipe 60 juga bisa direnovasi jadi dua lantai.

Umumnya rumah tipe ini mengusung lantai berbahan homogeneous tile atau keramik. Kemudian dilengkapi atap rangka baja atau beton.

Sementara bagian plafon berbahan gipsum. Dan daya listrik yang diusung juga besar, yaitu 2200 VA.

Rumah tipe 60 di area kota Pekanbaru di banderol pada angka mulai Rp. 385.000.000. Meskipun begitu, rentang harga bisa juga menjadi lebih mahal.

Berbeda dengan tipe lain yang dibahas sebelumnya. Pada tipe 60 bagian kusen dibuat dari material bahan PVC, atau UPVC. Jadi, tampak lebih elegan dan mahal.

Harga untuk perumahan di kota Pekanbaru memang bisa dibilang cukup bersahabat. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan pasaran properti di kota metropolitan, seperti Jakarta.

Tidak mengherankan kalau kemudan banyak yang mengambil kesempatan ini sebagai langkah untuk berinvestasi.