Harga dan Spesifikasi Oppo A5s

Dapat dikatakan bahwa seri A terbaru dari Oppo merupakan sebuah pilihan alternatif bagi para pengguna smartphone kelas pemula. Menurut kontributor piwiq.com , Jika dikomparasikan antara harga dan spesifikasinya, Oppo A5s masih terasa over price. Hal ini dikarenakan untuk harga kisaran 2 juta rupiah, banyak smartphone yang menyediakan spesifikasi mumpuni bahkan ada yang masuk kategori mid-end.

Walaupun begitu, namun A5s ini tentunya mempunyai keunggulannya tersendiri yang patut untuk dipertimbangkan. Selain mengusung konsep desain yang kekinian dan modern, smartphone ini juga sudah dibekali performa baterai terbaik di kelasnya. Tidak hanya kapasitas baterai besar, kinerjanya juga patut dibanggakan dalam menyuplai daya guna mengoperasikan perangkat sepanjang hari.

Bocoran Oppo A5s

Oppo A5s ini hadir sebagai penerus sekaligus penyempurna dari pendahulunya yaitu Oppo A5. Tentunya terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari kedua Oppo seri A tersebut. Salah satu hal yang berbeda ada pada sektor dapur pacu. Jika Oppo A5 menggunakan chipset Snapdragon 450, maka kini A5s dipersenjatai oleh chipset Helio P35.

Sejatinya kedua jenis chipset tersebut sama-sama mempunyai CPU Cortex-A53. Akan tetapi Helio dinilai memiliki clockspedd yang jauh lebih tinggi. Perbedaan yang lain ada pada GPU. Helio P35 telah menggunakan PowerVR GE8320, serupa dengan yang ada dalam Helio P22. Untuk bagian layar dari smartphone ini berukuran 6,2 inchi dengan dukungan resolusi sebesar 720 x 1520 piksel.

Dalam hal kamera, kemungkinan kamera yang diusung oleh A5s hampir sama dengan A5. Jika ada perbedaan, maka perbedaan tersebut tidaklah mencolok. Smartphone ini masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan lapisan antarmuka ColorOS 5.2. Namun, daya baterai yang diusung memiliki kapasitas yang lumayan besar yakni 4.230 mAh.

Berbeda dari A5 yang menggunakan notch memanjang, desain layar pada A5s ini lebih kekinian dengan penggunaan desain waterdrop screen pada bagian tengah atas layar. Untuk warna, Oppo menyediakan dua pilihan warna yaitu hitam dan merah. Sedangkan masalah harga, Oppo belum mengungkap harga pasti untuk A5s. Namun kemungkinan smartphone ini dibanderol sekitar 2 jutaan.

 

Spesifikasi Oppo A5s

Dapat dikatakan desain yang dibawakan oleh A5s ini hampir mirip dengan Oppo F9. Hanya saja, bagian belakang dari ponsel ini yang terlihat polos dan tidak mempunyai tekstur. Ponsel ini memiliki dimensi 155.9 x 75.4 x 8.2 dengan bobot seberat 179 gram. Sebenarnya bobot ini terhitung cukup berat jika dibandingkan dengan dimensinya tersebut.

Dalam segi desain layar, Oppo A5s ini mempunyai layar yang terbentang seluas6,2 inchi dengan panel IPS yang sudah mendukung resolusi 720 x 1520 piksel. Layar yang diusung ini memiliki aspek rasio 19:9 serta telah dilindungi oleh teknologi Corning Gorilla Glass, yang dipercaya mampu menahan hampir segala macam benturan.

A5s menggunakan notch atau poni berbentuk waterdrop yang memuat sebuah kamera selife dengan resolusi sebesar 8 megapiksel. Kamera ini sudah dibekali dengan teknologi terbaru Beautification 2.0. Sedangkan untuk bagian belakangnya, terdapat dua sensor kamera yang memiliki resolusi 2 megapiksel dan 13 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash.

Kedua kamera ini dapat diatur secara horinsontal. Selain adanya dua kamera dan LED flash, pada bagian belakang dari A5s juga terdapat fitur sensor sidik jari. Penanaman fingerprint di bagian belakang ini bertujuan agar scan yang dilakukan dapat lebih mudah. Oppo memberi user interfaceCOlorOS 5.2 yang memiliki basis dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Sedangkan untuk urusan dapur pacu, A5s telah ditenagai oleh chipset Helio P35 dari Mediatek dengan kecepatan clock hingga 2.3GHz. Kecepatan dari chipset tersebut akan dipadukan dengan RAM berkapasitas 2 GB dan internal storage sebesar 32 GB. Spesifikasi yang diusung ini tergolong tinggi untuk smartphone kelas pemula.

Meskipun mempunyai bodi yang terbilang ramping, namun A5s sukses membawa baterai berkapasitas besar sehingga penggunaanya dapat bertahan hingga seharian penuh. Dengan kapasitas daya baterai sebesar 4230 mAh, maka seluruh aktivitas dapat dilakukan tanpa perlu merasa khawatir daya akan habis ketika ponsel dalam penggunaan.

Untuk fitur sensor, menurut catatan yang ada pada situs OPPO Indonesia, akses atau sensor pembuka kunci layar yang dimiliki oleh A5s ini hanya dibekali dengan fitur fingerprint saja. Tidak ada penjelasan atau rincian secara jelas tentang sensor biometrik lain yang ditanamkan pada smartphone satu ini.

Soal warna ponsel, Oppo menyediakan beberapa pilihan warna yang menarik dan tentunya kekinian seperti Black, Red, Gold, dan juga Green. Dengan adanya beberapa warna tersebut, tentunya Anda tinggal memilih warna mana yang disukai dan cocok dijadikan sebagai pendukung dalam membangun style atau gaya sehari-hari.

 

Keunggulan Oppo A5s

Oppo A5s hadir dengan dilengkapi layar sebesar 6.2 inchi yang memiliki resolusi HD+ 1520 x 720 piksel dan telah menggunakan teknologi S-IPS LCD serta memiliki aspek rasio 19 : 9, dengan tambahan notch atau poni berbentuk waterdrop pada bagian tengah atasnya. Selain nyaman digunakan bermain game dan film, tampilan dari ponsel ini juga sangat keren.

Sektor kamera merupakan suatu hal yang sangat diunggulkan oleh Oppo. A5s sendiri telah menggunakan dua kamera pada bagian belakang, dengan resolusi 13 dan 2 megapiksel dan didukung oleh LED Flash yang mampu menghasilkan sebuah foto dengan kualitas tinggi. Sedangkan untuk kamera depanya beresolusi 8 megapiksel yang dapat mendukung foto selfie dengan baik.

Untuk performa tidak perlu ditanyakan lagi. A5s ini menggunakan chipset Helio P35 dari Mediatek dan prosesor octa-core berkecepatan hingga 2,3 GHz serta berteknologi proses 12nm. Sementara untuk RAM menggunakan kapasitas 2 dan 3 GB dengan internal storage sebesar 64 GB yang mendukung penambahan microSD hingga 256 GB.

Pada bagian belakang dari smartphone ini telah ditanami sensor fingerpront yang mampu memudahkan para penggunanya agar dapat membuka kunci ponsel hanya dengan menggunakan sidik jari tanpa perlu memasukan PIN, menggampar pola, atau menuliskan kata sandi terlebih dahulu. ini menjadi kelebihan yang berarti bagi A5s, karena fitur ini belum banyak digunakan pada kelas awal.

Dalam hal daya baterai, A5s sendiri telah ditanami dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 4230 mAh. Baterai tersebut telah diklaim oleh pihak Oppo mampu bertahan hingga seharian penuh jika penggunaannya normal. Akan tetapi, jika ponsel digunakan untuk bermain game nonstop, maka daya baterai ini hanya akan bertahan kurang lebih selama 8 jam hingga 9 jam saja.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika Oppo A5s mempunyai harga yang sedikit lebih mahal dari para pesaing di kelas pemula atau entry-level. Namun dengan segala spesifikasi dan keunggulan yang diberikan, tentunya harga tersebut akan terbayar lunas. Apabila Anda tertarik untuk menjadi salah pengguna dari A5s, maka persiapkan dana paling tidak sekitar 2 jutaan rupiah.