Hal yang Harus Dilakukan Setelah Install Windows

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Install Windows

Install ulang merupakan kegiatan yang bisa dibilang sangat penting, karena dengan melakukan install ulang, beberapa masalah laptop seperti virus, lemot, dan masalah-masalah semacamnya bisa teratasi.

Saat masih prakerin di tempat service, kebanyakan laptop yang minta diinstall ulang Windows memiliki masalah dengan virus, jadi mereka lebih memilih segera melakukan install ulang.

Ketika laptop atau komputer baru diinstall ulang Windows, maka tampilan dan data system akan kembali seperti semula. Data-data, aplikasi, dan driver juga akan terhapus.

Oleh karena itu, kita tidak bisa langsung menggunakan Windows tersebut, melainkan harus melakukan beberapa hal penting. Jikapun bisa langsung digunakan, biasanya tetap akan mengalami sedikit masalah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai hal yang harus dilakukan setelah menginstall atau install ulang komputer. Hal ini selalu dilakukan setelah melakukan install ulang Windows di komputer atau laptop konsumen saat masih prakerin di tempat service.

Bagi Anda yang baru saja melakukan install ulang dan masih bingung harus melakukan apa, mungkin artikel yang kami kutip dari charis.id ini bisa dijadikan sebagai acuan.

Hal ini memang benar-benar sangat penting dilakukan karena nantinya akan mengoptimalkan kinerja Windows Anda. Baiklah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan setelah install ulang Windows.

Kembalikan Pengaturan BIOS

Sebelum melakukan instalasi Windows, maka terlebih dahulu kita mengatur BIOS agar booting ke file instalasi. Saat proses ini, kita bisa menggunakan flashdisk maupun CD/DVD.

Setelah install ulang, disarankan agar Anda mengubah BIOS agar booting ke hardisk. Kalau pengaturan tidak diubah, saat Anda menghidupkan laptop, dan kebetulan masih ada media instalasi yang sebelumnya digunakan, maka secara otomatis akan masuk ke instalasi Windows lagi.

Install Driver

Driver merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer. Tujuannya adalah agar perangkat keras bisa berinteraksi dengan sistem operasi, aplikasi, dan beberapa perangkat tambahan lainnya. Tanpa driver, perangkat seperti LAN, Wifi, VGA, tidak akan terdeteksi.

Menginstall driver wajib Anda lakukan setelah melakukan install ulang Windows. Hal ini bertujuan agar perangkat keras pada komputer bisa bekerja dengan baik.

Semisal saja, setelah install ulang Windows 10 Anda langsung main game berat tanpa install driver VGA terlebih dahulu, maka sudah jelas grafik yang ditampilkan tidak akan bagus, atau bisa juga malah crash.

Untuk menginstall driver secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software khusus bernama DriverPack. Namun, jika Anda masih memiliki CD Driver bawaan, maka bisa juga memakainya.

Install Antivirus

Setelah menginstall driver, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah menginstall antivirus. Antivirus bisa dibilang sangat penting untuk sistem operasi Windows, lain halnya dengan Linux yang memang tidak memerlukannya karena kebal terhadap virus (bukan berarti tidak bisa terkena virus, no system is safe).

Banyak sekali antivirus yang bisa digunakan untuk melindungi PC, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Macam-macam antivirus seperti Avast, Avira, Eset, Smadav, dan lain sebaainya bisa menjadi pilihan. Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan, dan pilih yang menurut Anda terbaik.

Selain antivirus pihak ketiga, Anda juga bisa memanfaatkan antivirus bawaan Windows, yaitu Windows Defender. Semua versi Windows sudah memiliki antivirus ini, baik itu Windows 7, 8, maupun 10.

Install Program Penting

Ketika baru install Windows, program aplikasi yang ada hanya standar Windows saja seperti Paint, Internet Explorer, Windows Explorer, dan Notepad. Tidak mungkin kan kalau kita cuma mau menggunakan software bawaan saja? Tentu kita harus menginstall program penting lainnya.

Program penting yang harus diinstall setelah install ulang Windows adalah media player, microsoft office, winrar, internet downloader, browser, dan lain sebagainya.

Sepertinya hanya itu saja hal-hal yang harus dilakukan setelah menginstall Windows. Jika ada hal lainnya, silahkan tuliskan di komentar, nanti akan kami masukkan dalam artikel ini.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.