Gunung Dempo Pagaralam

Gunung Dempo Pagaralam

Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan yang berada di ketinggian sekitar 3.195 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gunung ini menjadi puncak tertinggi di pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera.

Gunung Dempo terletak di Kabupaten Pagaralam, berada di antara propinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera.

Keistimewaan Gunung Dempo

Keindahan Gunung Dempo Pagaralam ini terkenal cantik dan pemandangan sangat menakjubkan dengan cakrawala yang membentang luas. Kicauan burung di tempat ini menjadikan suasana menjadi semakin hidup.

Bukan hanya pemandangannya saja yang menjadi daya tarik gunung ini, namun Gunung Dempo terkenal dengan lereng yang berliku-liku dan jalur menantang sehingga tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para pendaki gunung. Berada di puncak gunung ini, kamu dapat pula melihat kawah Gunung Dempo yang masih aktif dan mengeluarkan asap.

Hal menarik lainnya yang dapat kamu coba di kawasan ini adalah menikmati teh hitam khas Gunung Dempo yang memiliki citarasa dan keharuman tersendiri. Teh Hitam Gunung Dempo ini menjadi salah satu teh favorit sejak zaman kolonial Belanda. Terdapat beberapa toko yang menjual teh ini dan dijual dengan harga antara 6 ribu hingga 8.500 rupiah per kotak.

Pendakian Gunung Dempo

Gunung Dempo Pagaralam

Bagi kamu yang suka berpetualang di alam, hiking dan trekking merupakan kegiatan utama yang bisa kamu lakukan di sini. Perkebunan teh yang luas akan menyambut langkah awalmu untuk menjejakkan kaki menuju ke puncak Gunung Dempo.

Setelah melalui perkebunan teh, semak-semak liar di jalan yang mulai mendaki segera menyambut langkah kaki selanjutnya untuk menaklukkan trek yang menantang dengan jalur berbatu, lereng miring dan berbagai tantangan medan lainnya.

Hanya terdapat 2 pos di sepanjang jalur menuju ke puncak. Titik awal untuk hiking berada di pabrik pengolahan teh PTPN III. Kamu dapat meminta bantuan penduduk sekitar untuk mengantarkan ke desa yang berada di kaki Gunung Dempo, Kampung Empat. Waktu yang tepat untuk memulai pendakian Gunung Dempo adalah pada pagi hari.

Tips bagi kamu yang ingin melakukan pendakian di gunung ini, agar selalu membawa peralatan yang memadai. Pakaian hangat dan sleeping bed merupakan salah satu barang yang jangan sampai dilupakan. Beberapa waktu, di puncak Gunung Dempo memiliki suhu 3 hingga 1 derajat selsius.

Selain persiapan, hal yang perlu diperhatikan ialah etika dan sopan santun. Baik itu saat berpapasan dengan warga lokal hingga berinteraksi dengan alam. Jangan memetik/mengambil sesuatu untuk dibawa pulang. Tetap jaga kebersihan.

Sejarah dan Misteri Gunung Dempo

Selain pemandangannya yang menawan, di Gunung Dempo ini juga terdapat sisa-sisa kebudayaan pra sejarah di masa Megalitikum yang diberi nama Tangga Batu. Di sini kamu bisa menemukan berbagai ukiran bagi dalam berbagai bentuk yang tersebar di sepanjang lereng gunung.

Jika berbicara mengenai misteri, setiap gunung pasti memiliki kisah tersendiri. Warga setempat menyebutkan, misteri siluman harimau merupakan yang populer di kawasan gunung ini. Meski begitu, misteri tetaplah menjadi misteri.

Transportasi Menuju Gunung Dempo

Gunung Dempo berjarak sekitar 310 km ke arah barat dari Palembang. Sedangkan dari pusat kota Pagaralam sendiri berjarak sekitar 15 km. Perjalanan untuk menikmati Keindahan Gunung Dempo Pagaralam dapat ditempuh menggunakan mobil sewaan atau bus dengan memakan waktu sekitar 7 jam. Selama perjalanan menuju ke gunung ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lembah dan tebing yang memiliki udara sejuk.

Itulah sekilas ulasan mengenai Gunung Dempo yang terletak di kabupaten Pagaralam. Yuk mulai mengenal dan melestarikan alam yang indah di Indonesia tercinta ini!