Doa Paling Utama

Setiap hari tentunya kita tak pernah terlepas dari membaca doa, tujuannya untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Selain itu, dengan berdoa juga akan lebih mendekatkan diri kita dengan Allah SWT. Ada lho doa paling utama disbanding doa yang lain yang mempunyai keutamaan untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Doa Paling Utama

Ketahuilah bahwa doa paling utama  adalah doa yang dipanjatkan ketika seorang muslim sedang dalam kondisi kesulitan atau berada titik nol. Dalam keadaan tersebut biasanya seorang muslim merasa berada di titik paling rendah sehingga terkadang malah enggan untuk mendekat kepada Allah SWT.

Janganlah banyak berbicara ketika memiliki banyak masalah, justru ingatlah selalu kepada-Nya agar mendapatkan pertolongan sehingga dapat mengatasi permasalahan yang sedang dialaminya. Setiap orang pastinya diberikan tingkat permasalahan sendiri sehingga harus selalu mendekatkan diri dengan berdoa agar selalu mendapatkan pertolongan-Nya.

Doa Paling Utama Untuk Umat Muslim

Sebagai umat muslim maka ketahui doa paling utama untuk umat muslim agar selalu mendapatkan pertolongan-Nya sehingga membuat hidup menjadi lebih tenang. Simak penjelasannya dalam uraian list di bawah ini.

Dzikir Terbaik

Ketahuilah bahwa dzikir adalah obat yang paling utama untuk mengatasi segala permasalahan kehidupan mulai dari aktivitas ibadah untuk mengingat Allah SWT yaitu berdzikir. Sebagai umat islam pastinya sudah mengetahui bahwa dzikir itu memiliki tujuan untuk memuji nama Allah SWT. Selain itu, dengan dzikir juga menjadi doa paling utama untuk meminta pertolongan.

Nah, dzikir terbaik yaitu “La ilaha illallah” yang memiliki arti “Tidak ada yang patut disembah kecuali Allah”. Dengan demikian maka akan semakin membantu mengingat-Nya untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada sehingga akan membuat kehidupanmu menjadi jauh merasa lebih tenang.

Permohonan Terbaik

Selanjutnya, sebagai bentuk doa paling utama yang berupa permohonan terbaik yaitu dengan bersyukur. Caranya yaitu membaca “Alhamdulillah” yang memiliki arti “Semua pujian adalah karena Allah”. Apapun yang kita alami tentunya nikmat dari Allah SWT sehingga setiap umat muslim harus selalu mengucapkan rasa syukurnya.

Dengan demikian dalam situasi atau kondisi apapun Anda memang harus mengucapkan rasa syukur yaitu “Alhamdulillah” yang akan mendatangkan kebaikan.

Ayat Kursi Sebagai Ayat paling Utama

Bacaan ayat kursi juga menjadi doa utama dengan berbagai keutamaan dan manfaat yang sangatlah luar biasa. Dengan demikian bacalah ayat kursi ketika Anda sedang dalam kesulitan untuk mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini bacaan ayat kursi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Terjemahannya,

’’Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Yang tidak tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Doa Untuk Memuliakan Allah

Anda juga dapat memanjatkan doa untuk memuliakan Allah SWT agar selalu mendapat perlindungan-Nya. Berikut ini bacaan doa yang digunakan untuk memuliakan-Nya yang kami kutip dari Fahmipedia.

سبحان الله و بحمده عددا خلقه و ريدا نفسيه و زينتا أرشح و معددا كلمتيه

“Subhana Allah wa bihamdihi adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata arshihi wa midada kalimatihi.”

Artinya:

“Dengan pujian-Nya, sebanyak jumlah makhluk-Nya, sesuai dengan kesenangan Baik-Nya, sama dengan berat Tahta-Nya dan sama dengan tinta yang dapat digunakan dalam mernulis kata-kata”.

Doa Terbaik

Doa tebaik yaitu doa yang memuji nama Allah SWT kemudian meminta segala kebaikan dari-Nya sehingga akan terhindar dari hal-hal buruk. Dengan demikian ketika kita mengalami kesulitan maka akan mendatangkan pertolongan dan perlindungan dari-Nya. Bahkan, dengan membaca doa terbaik ini juga akan menjauhkan kita dari api neraka.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid dunya hasanatan wafil akhirati hasanatan waqina adhaban-nar.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berikan kami yang terbaik di kehidupan ini dan yang terbaik di kehidupan selanjutnya, dan lindungi kami dari hukuman Api.”

Doa Terbaik Untuk Depresi

Ketika Anda sedang menagalami depresi maka sebaiknya ketahui doa yang terbaik untuk memohon kepada-Nya. Tentunya, doa tersebut bertujuan agar kita memiliki hati dan pikiran yang tenang dalam menghadapi segala permasalahan yang ada. Doanya yaitu Dhun-Nun (Nabi Yunus). Berikut ini bacaannya.

اَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu mina adhalimeen.”

Artinya:

“Tidak ada yang layak disembah kecuali Engkau, Mahasuci Engkau, Sungguh, aku telah menjadi pelanggar”

Doa Terbaik Untuk Pengampunan dengan membaca Sayyidul istighfar

Berikutnya, doa paling utama yaitu sayyidul istighfar yang tujuannya untuk memohon pengampunan terbaik. Berikut ini bacaan doanya.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.”

Artinya:

“Ya Allah, Kamu adalah Tuhanku. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Anda. Anda menciptakan saya dan saya adalah pelayan Anda dan saya mematuhi perjanjian dan janji Anda sebaik mungkin.”

“Saya mencari perlindungan-Mu dari kejahatan, yang telah saya lakukan. Saya mengakui kebaikan Anda pada saya dan saya mengetahui dosa-dosa saya, jadi maafkan saya, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Anda.”

Ketika seseorang membaca doa paling utama tersebut di malam hari maka akan membukakan pintu surga untuknya. Begitupun jika ia membacanya di pagi hari maka akan membukakan pintu surga baginya.

Doa Terbaik Untuk Perlindungan

Selanjutnya, terdapat juga doa paling utama untuk memohonkan perlindungan dari Allah SWT. Ketika kita sedang dalam marabahaya atau ketakutan maka sebaiknya bacalah doa perlindungan di bawah ini.

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي الْسَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismi Allah alladhi la yadorru ma’a ismihi shay ’fil ardi wala fi sama wa wa huwa sami’u al alim.”

Artinya:

“Dalam Nama Allah dengan Nama siapa ada perlindungan terhadap setiap jenis bahaya di bumi atau di surga, dan Dia adalah Maha Mendengar dan Yang Tahu segalanya,’ tidak ada yang akan menyakitinya”. (Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Umat muslim memang tidak pernah terlepas dari doa setiap harinya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. doa paling utama bagi umat islam itulah yang biasaya dipanjatkan ketika selesai melaksanakan solat sunnah maupun solat wajib.

About susan

Mahasiswa perguruan tinggi Jakarta yang berdomisili di Jakarta Pusat, penyuka kucing, tanaman hias. Mempunyai minat dibidang writer dan internet marketing.