Pesantren Terbaik di Cianjur

Daftar Pesantren Terbaik di Cianjur

Menurut website pesantren Provinsi Jawa Barat ada sekitar 117 daftar pondok pesantren dan 4 diantaranya adalah pesantren terbaik di Cianjur yang tercatat pada sistem, dimana pesantren ini tersebar luas di beberapa kecamatan.

Setiap pesantren mempunyai fasilitas dan metode belajar yang berbeda, nantinya Anda tinggal memilih pesantren mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

List Nama Pesantren Terbaik di Cianjur

Berikut informasi singkat mengenai rekomendasi empat pesantren terbaik di Cianjur bersumber dari pesantrenterbaik.com:

  • Pesantren Al Ittihad

Dibangun sejak tahun 1997 oleh H. Ecep Badrudin, BA. Visi pesantren adalah menghasilkan insan religius, berwawasan global, memahami ilmu agama, punya pengetahuan umum dan teknologi.

Misinya adalah membuat SMP, SMA, dan SMK pesantren Al Ittihad sebagai tempat pendidikan cendikiawan muslim kaffah. Berikut jenjang pendidikan yang disediakan yaitu bahasa Arab dan Inggris, kitab kuning, tahfidz Qur’an, dan kitab kuning.

Beralamat di Jl Raya Bandung KM 03, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Informasi lainnya bisa akses di website resmi http://ppdb.al-ittihad.or.id/. Rincian biaya pendidikannya seperti ini:

  • Biaya masuk SMP dan SMA sekitar Rp. 4.830.000
  • SMK Rp. 4.940.000
  • Biaya bulanan SMP atau SMA Rp. 670.000
  • Biaya bulanan SMK sekitar Rp. 680.000

Pesantren Miftahulhuda Al Musri’

Tahun 1947, Alm. KH. Ahmad Faqih membangun pesantren di atas lahan seluas 40 ribu meter persegi. Ada bangunan pondok, masjid dan sarana seluar 10 ribu meter persegi, dan mempunyai 2000 santri putra dan putri.

Para santri akan diajarkan ilmu fiqih, kitab kuning, ilmu falaq, dan bahasa Inggris setiap minggunya. Metode belajar yang dipakai adalah percepatan, dimana para santri hanya butuh 6 bulan untuk menyelesaikan pendidikan.

  • Pesantren Al Muslimun

Berdiri sejak tahun 1991 oleh H. Muhammad Ali pesantren ini sudah memiliki ratusan santri dari berbagai daerah. Pendidikan yang disediakan adalah pesantren salaf, tahfidz qur’an, majelis ta’lim, SD Islam Tahfidz, SMP plus, SMA plus pondok pesantren dan lainnya.

Beralamat di kampung Sukamaju No.06/05, desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.

  • Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur

Pesantren ini adalah lembaga pendidikan berbasis Islam dibawah naungan organisasi Persis (Persatuan Islam). Memiliki 250 pesantren di seluruh Indonesia, salah satunya di Jl Dr. Muwardi Nomor 171 C, Bojongherang, kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Biasanya lulusan dari pesantren ini melanjutkan pendidikannya ke Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Ummul Quro (Madinah), Universitas Islam Negeri, Universitas Padjajaran dan Universitas Al Azhar (Mesir).

Dari empat nama pesantren terbaik di Cianjur semoga bisa jadi referensi untuk Anda yang ingin mendaftarkan anak atau saudaranya ke pondok pesantren. Semoga membantu dan bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.