windows 10

Cara Update Driver Windows 10

Driver pada laptop merupakan komponen penting yang akan membantu laptop dalam membaca software maupun hardware yang terhubung ke laptop tersebut.

Hal ini membuat driver menjadi sangat penting untuk selalu kita update. Dengan mengikuti cara update driver windows 10 berikut ini, driver pada laptop kita akan selalu diperbarui sehingga bisa menghindari adanya bug pada sistem.

Cara Update Driver dengan Fitur Bawaan Windows 10

Pertama kita akan membahas mengenai cara update driver melalui fitur bawaan dari windows 10 sendiri. 

Fitur ini terdapat di menu settings pada windows 10. Kita bisa menggunakan fitur yang satu ini tanpa takut terjadi tindak pemblokiran windows karena aktivitas ilegal. 

Karena merupakan fitur yang memang sudah disediakan oleh windows, maka cara yang satu ini merupakan cara paling aman. 

Kita juga tidak akan salah memilih driver karena sistem sudah mendeteksi driver apa saja yang laptop kita butuhkan dan cocok dengan jenis laptop kita.

Nah, bagi kita yang ingin menggunakan cara yang satu ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pergi ke menu Settings pada Windows 10
  2. Pilih Update & Security kemudian masuk ke menu Windows Update
  3. Kemudian tekan tombol check for updates untuk mengecek apakah ada update terbaru atau tidak

Setelah melakukan ketiga langkah tersebut, kita akan melihat daftar update yang tersedia untuk laptop kita. 

Biasanya proses update driver akan dimulai secara otomatis. Pastikan laptop kita terkoneksi dengan internet agar proses update bisa berjalan dengan lancar.

Ketika kita tidak menemukan apa apa setelah menekan tombol check for updates, berarti driver yang terinstall pada laptop kita sudah merupakan driver terbaru dan terupdate.

Cara Update Driver Windows 10 dengan Device Manager

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk melakukan update driver windows 10 adalah dengan menggunakan Device Manager. 

Penggunaan Device Manager ini juga tergolong cara yang aman karena kita akan menggunakan fitur yang disediakan oleh laptop kita. 

Sebenarnya penggunaan device manager ini mirip dengan cara yang sebelumnya. Namun, karena cara yang sebelumnya seringkali tidak mendeteksi adanya update, maka kita bisa menggunakan cara ini untuk mengecek adakah update atau tidak pada driver yang spesifik. 

Simak caranya berikut ini!

  1. Klik kanan pada Logo Windows yang berada di pojok kiri bawah
  2. Pilih Device Manager untuk melihat semua driver yang ada
  3. Cari driver mana yang ingin kamu update kemudian klik kanan pada driver tersebut.
  4. Klik update driver kemudian pilih search automatically for drivers

Kemudian kita tinggal menunggu proses pengecekan driver. Sistem akan mengecek apakah ada update yang sesuai dengan driver tersebut atau tidak. Apabila ditemukan, maka driver akan di update secara otomatis.

Sama seperti sebelumnya, pastikan laptop kamu terkoneksi dengan internet. Karena ketika proses pengecekan maupun proses update, keduanya membutuhkan koneksi internet yang stabil agar bisa berjalan dengan lancar.

Sudah Tahu Cara Melakukan Update Driver pada Windows 10?

Cara lain yang bisa kita gunakan adalah dengan fitur auto update pada windows 10. Namun, ada beberapa orang yang tidak suka dengan cara yang satu ini karena seringkali tiba tiba membuat laptop kita menjadi lemot.

Bagi kita yang tidak suka dengan update seperti ini, kita bisa mencari tahu bagaimana cara mematikan auto update windows 10. Dengan begitu, kita tidak akan mengupdate driver secara otomatis dan harus melakukannya dengan kedua cara di atas.