Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Meng-uninstall aplikasi ataupun program Windows di pc maupun laptop merupakan hal yang penting dan umum dilakukan. Pertimbangan bahwa aplikasi tidak lagi digunakan, error atau untuk menghemat ruang penyimpanan agar performa lebih baik lagi kerap dijadikan alasan pengguna menghapus aplikasi pada perangkat mereka.

3 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Pada Windows versi sebelum-sebelumnya satu-satunya cara uninstall aplikasi adalah dengan cara masuk pada Control Panel dan memilih aplikasi yang ingin dihapus. Namun, pada versi Windows 10, menghapus aplikasi menjadi lebih mudah.

Berikut ini tiga cara uninstall aplikasi di windows 10 sebagaimana dikutip dari Teknoob.com :

Melalui Menu Start

Anda dapat melakukan uninstall aplikasi maupun program di Windows 10 secara langsung pada Start Menu, untuk melakukan cara ini Anda cukup melakukan :

Klik logo windows pada kiri bawah kemudian piih All Apps.

Pilih Aplikasi yang ingin Anda hapus, kemudian klik kanan dan pilih Uninstall.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Setelah itu, Anda akan melihat pop-up windows yang membutuhkan persetujuan Anda untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik Uninstall untuk menyelesaikan proses.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Melalui Settings

Jika pada cara pertama Anda tidak berhasil menemukan aplikasi yang ingin dihapus, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan meng-uninstall aplikasi melalui menu setting. Simak caranya dibawah ini :

Buka menu setting pada Start > Settings dan pilih System

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Pada System, Pilih Program & Features.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Disini Anda akan melihat daftar semua aplikasi dan program yang ada di komputer Anda. Gunakan kolom pencarian pada bagian atas untuk mencari nama aplikasi yang ingin dihapus.

Setelah mendapati aplikasi yang ingin dihapus, klik dan kemudian pilih Uninstall pada jendela dropdown.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Akan muncul jendela pop up untuk mengkonfirmasi proses uninstall, cukup klik Uninstall untuk menyelesaikan proses. Pada tahap ini, Anda juga mungkin akan mendapati notifikasi jika penghapusan program tertentu akan mengubah beberapa hal pada komputer Anda yang terkait dengan apps tersebut, cukup klik Yes untuk menyelesaikannya.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Dari Control Panel

Anda juga dapat melalukan uninstall aplikasi melalui Control Panel. Namun, perlu Anda ketahui yang bisa Anda hapus melalui panel kontrol ini hanya program komputer dan tidak bisa menghapus aplikasi default windows 10.

Untuk cara uninstall aplikasi melalui control panel, simak panduannya di bawah ini:

Klik kanan pada menu Start kemudian pilih Control Panel.

Pada Control Panel, pilih Program dan Features kemudian pilih klik aplikasi yang ingin Anda hapus pilih Uninstall.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Akan muncul jendela pop up yang akan mengkonfirmasi penghapusan aplikasi, cukup klik Yes untuk melanjutkan proses.

Demikian pembahasan mengenai cara uninstall aplikasi di windows 10, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai tips dan trick windows 10.