Cara Setting Kamera DSLR Sederhana

cara setting dslr

Nah, DSLR atau Digital Single Lens Reflex akhir-akhir bersaing dengan smartphone atau mirrorless.

Meskipun demikian, masing-masing dari 3 jenis teknologi kamera ini memiliki kelebihannya masing-masing, kita yang perlu menyesuaikan antara budget dan fungsionalitasnya.

Bagi Anda yang hendak membeli kamera DSLR atau telah memilikinya, panduan singkat ini bisa menjadi rujukan mengenai cara setting kamera DSLR. Ini pembahasannya.

Cara Setting DSLR untuk Pemula

cara setting kamera dslr

1. Pahami Tombol yang Ada Di Kamera DSLR

Anda perlu mempelajari setiap ikon yang ada pada tombol. Hal ini agar anda dapat menggunakan kamera.

2. Kenali Mode Aperture dan Shutter

Mode Aperture dan Shutter priority serta membuat mode aperture dan shutter ini diatur secara otomatis. Mode yang satu ini tentu membuat anda bisa memotret dengan lebih gampang.

3. Mengenal White Balance dan Histogram

Anda harus kenal dulu white balance agar kamera bisa memotret dengan warna sesuai dengan keadaan. Jangan sampai, anda potret langit biru namun hasil foto jadi warna merah.

5. Memahami Automatic Exposure Bracketing

Fitur yang satu ini memang jarang digunakan atau dijelajahi. Namun, ada beberapa kamera menghadirkan fitur ini agar anda bisa memotret dengan sempurna walau di kondisi cahaya terang.

6. Cara Melepas Shutter

Untuk tips dasar dalam fotografi, anda harus mempelajari teknik melepas tombol shutter. Kadang, saat menekan setengah shutter bisa membuat fokus lensa.

7. Kunci Focus

Anda harus tahu bagaimana menemukan focal length yang pas sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek meupun background.

9. Buat Gambar Subjek yang Jelas

Anda harus perhatikan cahaya, aperture maupun komponen yang lainnya. Dan menggunakan setting yang pas, maka bentuk subjek akan tampak jelas dan mendalam.

10. Menggunakan Flash Kamera

Cara setting DSLR selanjutnya, anda pun bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek terlihat jelas. Namun, apabila anda salah menggunakan flash, maka hasil foto anda akan tampak terlalu terang.

11. Mengenal Depth of Field

Teknik lain yang perlu anda ketahui ialah mengetahui depth of field sebuah foto. Anda bisa membuat depth of field dengan mengatur kedalaman background. Anda bisa membuat background tampak blur agar subjek semakin jelas dan menonjol.

12. Memahami Exposure

Anda harus memahami tiga komponen yang cukup penting di dalam exposure yakni ISO, Shutter speed dan aperture.

13. Cegah Image Sensor Kotor

Salah satu hal yang menggangu saat potret dengan kamera DSLR baru ialah munculnya kotoran dalam image sensor dan jangan sembarangan melepas lensa pada bodi kamera.

14. Bersihkan Kamera DSLR

Anda harus mencegah lensa agar tidak kotor. Saat anda membersihkan lensa, maka anda harus hati-hati, jangan sampai membuat lensa tergores. Anda pun harus menghindari kamera seperti, air, debu maupun adanya guncangan.

15. Pakai Rule of Thirds

Kalau bisa, anda harus berpatokan meletakkan subjek berada di tengah-tengah dan harus bisa menempatkan subjek dengan baik.

16. Pahami Point of Interest

Sebuah gambar atau foto yang menarik haruslah memiliki point of interest dan berguna untuk membuat mata orang langsung tertuju ke foto.

17. Horizon

Anda pun juga bisa menggunakan patokan horizon. Hal ini jelas akan mempermudah anda apabila melakukan potret landscape.

Setelah mengetahui beberapa cara di atas, maka anda sudah bisa cara setting DSLR dengan benar dan tepat.

Anda pun sudah bisa mengeksplor maupun mencoba menekuni bidang fotografi ini. Selamat mencoba!