Cara Mengirim File Lewat Email

Semenjak wabah covid-19 melanda, semua kegiatan yang awalnya bisa dilakukan dengan tatap muka dengan terpaksa mau tidak mau secara perlahan kegiatan-kegiatan tersebut harus dilakukan secara online agar tetap berjalan termasuk dalam kegiatan pembelajaran.

Untuk menghubungkan satu sama lain tentunya harus ada platform yang menjembatani untuk berkomunikasi baik secara visual maupun teks.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas khusus mengenai platform email sebagai media yang paling cocok buat kirim-kirim pesan maupun file yang lebih terlihat sopan dibanding dengan platform yang lain. Sebenernya jenis-jenis email juga sangat banyak, namun kita akan gunakan salah satu email yang paling umum aja yang semua orang pasti tahu yaitu Gmail.

Bagaimana Cara Mengirim File Lewat Email Khususnya Gmail?

  1. Pertama, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Gmail.
  2. Jika sudah masuk, pilih compose.
  3. Kemudian isi email tujuan di bagian to dan Subject terkait pesan yang akan kamu kirim.
  4. Nah untuk kirim file pilih Attach files.
  5. Setelah itu pilih file yang akan kamu kirim bisa PDF, Word, Images dll.
  6. Jika sudah maka klik open dibagian bawah untuk menguploadnya.
  7. Setelah terupload, kamu bisa langsung kirim dengan klik Send.
  8. Oke, selesai.

Oalah ternyata kirim file lewat email itu mudah ya. Eh bentar dulu, kalau misalkan kita disuruh kirim tugas file PDF gimana? Sementara kita mengerjakannya di Microsoft Word. Kalau gitu kamu bisa ubah dulu format word ke PDF, caranya kamu bisa ikuti artikel yang membahas tutorial cara mengubah Word ke PDF.

Seperti halnya tutorial mengirim file lewat email pada artikel kali ini, cara mengubah Word ke PDF juga sangat mudah kok, kamu hanya cukup dengan mengikuti tutorial dari artikel tersebut. Semoga artikel mengirim file lewat email ini dapat membantumu dalam mengerjakan tugas, jika ada masalah jangan sungkan-sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar dibawah ya, Oke.