Cara Mengganti Kursor di Laptop

Cara Mengganti Kursor di Laptop

Selain sebagai alat penunjuk, bagi sebagian orang tampilan kursor itu sangat penting. Kami punya cara nih buat mengganti kursor di laptop biar terlihat lebih keren.

Kursor pada laptop berguna sebagai alat navigasi untuk melakukan banyak hal. Terdapat banyak sekali macam-macam bentuk cursor yang tergantung dengan arah kerjanya.

Jika kursor tersebut untuk menunjuk atau mengatur sesuatu, biasanya kursor akan berbentuk seperti ujung anak panah. Jika untuk mengklik sebuah link, maka kursor akan berubah menjadi bentuk jari tangan yang menunjuk. Saat loading juga sama, kursor akan berubah dengan sendirinya.

Di laptop Windows. Kita dapat mengganti bentuk kursor kita. Selain itu kita juga dapat mengubah ukuran, warna, dan lainnya. Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengganti kursor di laptop kita.

Cara Mengganti Kursor di Laptop Windows 7

Pada Windows 7, kita dapat mengganti kursor melalui Control Panel.

Cara mengganti tampilan mouse via berakal.com :

  1. Pertama klik tombol Start Menu atau bisa juga dengan menekan tombol Start yang ada di keyboard. Kemudian buka Control Panel.
  2. Setelah itu kita cari dan pilih opsi Mouse.
  3. Akan muncul jendela mouse properties. Klik pada tab Pointers. Disana kita dapat melihat banyak sekali pilihan bentuk kursor yang tersedia. Mulai dari kursor biasa hingga kursor animasi.Screenshot_17
  4. Pilih kursor yang ingin kita gunakan. Lalu untuk menerapkannya klik Apply.
  5. Jika kita ingin menambahkan bentuk mouse sendiri. Klik tombol Browse kemudian cari bentuk kursor yang ingin kita tambahkan.

Cara Mengganti Kursor di Laptop Windows 8, 8.1, dan 10

Berbeda dengan Windows 7. Pada Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Terdapat beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengganti kursor.

Mengganti Kursor Melalui Windows Settings

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk mengubah bentuk kursor yaitu dengan melalui Windows Settings. Berikut langkah-langkahnya:

Screenshot_18

  1. Buka Windows Setting dengan cara menekan tombol Windows + I secara bersamaan. Setelah itu buka Easy Access kemudian pilih Cursor & Pointer Size.
  2. Untuk mengganti ukuran kursor, pilih bagian Change pointer size. Kita akan menemukan tiga pilihan ukuran kursor yaitu kecil, menengah, dan besar.
  3. Jika kita ingin mengubah warna kursor tersebut, klik bagian Change pointer color. Terdapat beberapa pilihan warna yang dapat kita terapkan. Seperti putih, hitam, dan hitam putih.

Mengganti Kursor Melalui Pengaturan Pointers

Pada cara yang kedua ini kita dapat mengubah gaya visual kursor beserta pengaturan mouse lainnya. Berikut langkah selengkapnya:

Screenshot_19

  1. Buka Start Menu, setelah itu pada kolom pencarian masukkan Mouse. Maka akan muncul hasil Mouse setting. Buka hasil pencarian tersebut.
  2. Jika jendela pengaturan mouse telah muncul. Cari bagian Additional mouse option lalu klik. Maka akan muncul sebuah jendela baru dengan berbagai menu. Pilih menu Pointers.
  3. Pada bagian Scheme, kita dapat mengubah dan menetapkan seluruh tampilan kursor. Terdapat belasan kursor yang dapat kita pilih. Pada setiap skema kursor yang akan kita tetapkan, maka akan muncul pratinjau dari kursor tersebut pada kotak yang tersedia.
  4. Selain itu, kita juga dapat menggunakan opsi Customise untuk mengubah kursor sesuai dengan keinginan kita.
  5. Untuk mendapatkan lebih banyak pilihan kursor. Klik Browse lalu cari bentuk kursor yang akan kita gunakan.
  6. Jika sudah selesai mengganti kursornya, klik Apply lalu klik OK.

Mengganti Kursor di Control Panel

Nah, selain dua cara diatas. Kita juga dapat mengganti kursor melalui Control Panel. Berikut cara lengkapnya:

Screenshot_20

  1. Buka menu pencarian pada Start Menu. Lalu ketik Control Panel. Jika sudah pada jendela control panel cari dan pilih Easy of Access Center.
  2. Lalu cari menu Make the mouse easier to use. Setelah halaman baru terbuka, disana kita akan dapat melihat berbagai macam pilihan kursor.
  3. Pilih salah satu kursor yang akan kita gunakan. Setelah itu klik Apply lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Dengan tampilan kursor yang kita inginkan maka kita akan menjadi semakin betah dalam menggunakan laptop kita. Nah jika kita merasa belum cukup puas dengan menggunakan kursor bawaan Windows. Kita bisa kok download berbagai macam kursor di internet kemudian mengganti kursor di laptop kita dengan menggunakan cara browser.