Cara Menggabung File JPG Ke PDF

PDF menjadi alternatif pilihan utama selain format DOC atau DOCX. File PDF merupakan file yang ringan dan rapi. Dengan menggunakan tipe PDF, dokumen yang kita hasilkan dapat lebih kompatibel dengan berbagai perangkat (multiplatform). File dengan format PDF ini biasanya banyak digunakan dalam bidang akademik maupun instansi pemerintahan, file ini juga sudah sangat familiar dan mudah digunakan oleh masyarakat umum. Penggunaan file PDF ini dapat diintegrasikan dengan gambar, tautan, video dan tombol yang interaktif. 

Meskipun memiliki kelebihan, file dengan format PDF cenderung susah diutak-atik dan diubah. Bahkan untuk mengutip dari file ini dengan copy-paste cukup sulit dilakukan. Hal ini merupakan suatu masalah tersendiri. Dengan demikian, untuk mengubah atau menggabungkan file PDF ini dengan tipe file lainnya membutuhkan pekerjaan yang tidak sedikit. Kita membutuhkan metode dan cara tersendiri untuk mengubah dan mengedit isi dari file PDF. Dari situ kami merekomendasikan artikel cara mengubah JPG ke PDF bagi kalian yang kesulitan dalam mengubah file ini.

File dengan tipe PDF dapat digabungkan dengan file lain menggunakan metode dan teknik tertentu. Dapat dilakukan  dengan bantuan software seperti Adobe Acrobat, Nitro Pro, Phantom PDF, dll. Selain dapat digabungkan antar file PDF, ternyata file PDF juga bisa digabungkan dan dijadikan format lain, salah satunya dengan file JPG. Biasanya, tujuan penggabungan ini untuk melampirkan dokumen foto yang berformat JPG ini di halaman belakang laporan yang menggunakan format PDF.

Cara menggabungkan file JPG ke PDF menggunakan PDFJoiner

  1. Langkah pertama siapkan koneksi internet yang baik.
  2. Selanjutnya kita dapat membuka aplikasi Google Chrome di PC atau laptop (disarankan). Setelah terbuka, kita dapat langsung mengakses ke alamat web :https://pdfjoiner.com/id/ untuk dapat menggabungkan file JPG dan PDF.

3. Kemudian pilih menu “unggah file” untuk dapat upload file JPG dan PDF yang hendak kita gabungkan.

4. Siapkan dan Pilih File JPG dan PDF yang akan digabungkan, dengan mengklik 2 kali pada file tersebut.

5. Setelah itu tunggu hingga kedua file tersebut selesai terupload, dengan indikator upload 100% .

6. Kemudian klik pada kolom atau tombol “gabungkan file” di bawah untuk menyatukan kedua file yang terupload.

7. Kedua file tersebut kemudian akan otomatis terdownload ke perangkat PC/laptop kita dan siap untuk digunakan.

Bagaimana mudah bukan tutorial diatas? Hanya membutuhkan beberapa klik saja dan file PDF dapat tergabung dengan file JPG dengan cepat dan rapih. Bila ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar ya!