Cara Mengatasi Virus Ransomware

Ransomware adalah sebuah virus yang sempat menggemparkan dunia teknologi. Seingat saya, virus ini pernah menjadi trending topic pada tahun 2016 (lupa tepatnya).

Penyebab dari virus ini sendiri bermacam-macam, bisa karena download file di internet sembarangan, tertular melalui media penyimpanan, sampai link virus yang dikirim via email.

Nah, jika Anda sedang mengalami masalah ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa dicoba. Silahkan coba cara ini mulai dari cara 1-4 (diurutkan).

Saya bocorkan sekalian ya. Untuk cara yang pasti berhasil adalah cara nomor 3 dan 4. Sedangkan untuk cara 1 dan 2 belum tentu berhasil, namun tetap bisa Anda coba terlebih dahulu.

1. Hapus dengan Antivirus

cara mengatasi virus ransomware mbedAntivirus adalah software pertama yang menjadi solusi untuk mengatasi berbagai virus, termasuk Ransomware. Nah, jika Anda terkena Ransomware, maka bisa mencoba menghapusnya dengan antivirus.

Untuk antivirusnya sendiri, Anda bisa mencoba terlebih dahulu antivirus yang saat ini ada di laptop Anda. Namun, biasanya antivirus tersebut tidak akan mampu untuk menghapus Ransomware.

Nah, banyak yang menyarankan untuk menggunakan antivirus ESET. Jadi, saat awal pertama muncul Ransomware, antivirus ini mengklaim bisa mengatasi Ransomware.

Untuk mendownload antivirus ESET, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya. Antivirus ini sebenarnya berbayar, namun Anda bisa menggunakan versi trial selama 30 hari.

2. Hapus Lewat Safe Mode

cara mengatasi virus ransomware kodg

Safe Mode adalah salah satu fitur bawaan Windows yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah. Ketika Windows dalam keadaan Safe Mode, hanya beberapa fitur saja yang diaktifkan (bisa dikatakan terbatas).

Nah, fitur ini juga sering digunakan untuk menghapus berbagai macam virus. Untuk Ransomware sendiri, entah bisa diatasi dengan cara ini atau tidak, tapi tidak ada salahnya dicoba.

Jadi, Anda hanya perlu menghentikan semua proses yang mencurigakan di Task Manager. Caranya, silahkan masuk ke Task Manager (tekan Ctrl+Alt+Del) lalu pilih proses yang mencurigakan dan tekan End Task.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Registry Editor. Caranya, masuk dengan tekan Windows + R lalu ketik Regedit dan tekan Enter. Setelah itu, cari file yang ada kata Crypt dan WannaCry lalu hapus.

Jika sudah, silahkan restart laptop. Secara otomatis Anda akan masuk ke Windows mode biasanya.

3. Install Windows

cara mengatasi virus ransomware topi

Nah, kalau cara ini memang belum lama saya lakukan. Jadi, laptop teman saya terkena Ransomware, hampir semua ekstensi filenya berubah menjadi .derp.

Karena saya tidak mau ambil pusing, jadi saya langsung bilang saja sama dia bahwa cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan install Windows.

Cara ini memang sangat ampuh. Namun, Anda harus rela kalau file pada laptop tersebut hilang semua karena yang akan dilakukan adalah install ulang dengan menghapus semua partisi hardisk.

Jika Anda yakin ingin melakukan ini, silahkan baca cara menginstal Windows 10 lengkap dengan gambar. Pada artikel tersebut Anda akan dipandu cara install Windows 10 sampai selesai.

Kenapa saya menyarankan menggunakan Windows 10? Alasannya supaya mendapat update terus dari Microsoft. Soalnya, saat ini Windows 7 sudah tidak mendapatkan support lagi.

4. Decrypt Virus

cara mengatasi virus ransomware terbaru

Biasanya, pada folder tempat file terkena virus, ada satu file dengan format .txt yang berisi sebuah pesan. Inti dari pesan tersebut adalah pengguna harus membeli decryptor Ransomware agar file bisa kembali.

Nah, mungkin saja ini adalah salah satu bisnis yang sedang dijalankan oleh orang jahat. Jadi, pengguna harus membayar sejumlah uang untuk membeli decryptor ini.

Jika file yang terkena virus adalah file yang benar-benar penting, mungkin cara ini adalah cara terbaik untuk mengembalikan file. Soalnya, sangat jarang cara lain yang berhasil kecuali decrypt dengan decryptor Ransomware.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi atau menghilangkan virus Ransomware. Dari beberapa cara di atas, cara terakhir adalah cara yang paling ampuh untuk mengembalikan file Anda.

Namun, jika file pada laptop tersebut tidak terlalu penting, maka lebih baik gunakan cara ke-3 saja yaitu menginstall ulang Windows dengan menghapus semua partisi hardisk.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan memberi gambaran kepada Anda semua terkait cara mengatasi virus Ransomware.