Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim SMS

Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim SMS

Meski SMS sudah banyak ditinggalkan, tapi masih ada juga yang menggunakan SMS untuk beberapa keperluan.

Namun sayangnya, kadang muncul sebuah masalah dimana kamu tidak bisa mengirim pesan SMS, meskipun kamu sudah mencobanya beberapa kali.

Masalah tersebut bisa terjadi di semua operator, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Axis, Three, Smartfren, dan provider lainnya.

Tapi tidak usah terlalu khawatir, karena disini kami sudah menyiapkan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cek Pulsa

Pertama, tentu kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah pulsa yang kamu miliki masih cukup untuk kirim SMS atau tidak.

Karena seperti yang kamu tahu bahwa untuk mengirim sebuah SMS diperlukan sejumlah biaya atau pulsa tertentu.

Jadi jika ternyata pulsa kamu sudah habis, wajar saja jika kamu tidak bisa mengirim SMS.

Untuk itu, sebaiknya beli pulsa terlebih dahulu. Atau ada juga cara dapat pulsa gratis lo! Penasaran caranya? Simak saja tautan tersebut.

2. Cek Masa Aktif

Selain cek pulsa, kamu juga perlu memperhatikan masa aktif kartu yang sedang kamu gunakan.

Karena jika ternyata masa aktif kartu kamu sudah habis, maka jelas kamu tidak akan bisa mengirim SMS bahkan melakukan panggilan keluar.

Untuk itu silahkan segera cek masa aktif kamu dan segera isi ulang pulsa atau beli masa aktif jika tanggal masa aktif sudah terlewat.

3. Registrasi Kartu SIM

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa saat ini pemerintah Indonesia sudah secara resmi memberikan sebuah aturan agar seluruh pengguna HP untuk melakukan proses registrasi kartu SIM dengan data yang valid.

Jadi jika kamu belum pernah melakukan proses registrasi menggunakan data yang ada di KTP dan KK, inilah sebabnya kamu tidak bisa mengirim SMS.

Karena dalam aturan tersebut sudah jelas diterangkan bahwa apabila kamu tidak melakukan proses registrasi, maka kartu SIM tersebut tidak dapat kamu gunakan untuk SMS, telpon, dan akses internet hingga kamu melakukan proses registrasi.

Itulah 3 cara mengatasi tidak bisa kirim SMS pada provider apapun dan di merk HP apapun. Jika masih gagal, silahkan tinggalkan komentar!