Cara Mengatasi Status Bar Hilang di Android

Cara Mengatasi Status Bar Hilang di Android

Status bar pada Android kadang hilang secara tiba-tiba tanpa sebab, hal ini bisa saja terjadi pada semua merk HP Android tanpa terkecuali.

Bar status yang tiba-tiba menghilang tentu sangat merepotkan, bagaimana tidak? Semua notifikasi dan tombol pintasan ada pada status atau notifikasi bar tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi dan memperbaiki masalah tersebut.

Melansir dari Kang Flash, terdapat beberapa cara mengatasi status bar hilang di Android. Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

1. Matikan Auto Brightness

Fitur Auto Brightness memang sangat berguna, terlebih untuk Anda yang sering menggunakan HP di luar ruangan dan seketika berpindah ke dalam ruangan dengan cahaya minim atau sebaliknya.

Dengan adanya fitur tersebut, Anda tidak perlu repot untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.

Tapi tahu nggak? Kalau ternyata fitur Auto Brightness kadang tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan status bar hilang.

Jadi jika Anda sedang mengalami masalah status bar yang sering hilang dan tidak bisa ditarik ke bawah, Anda bisa mencoba untuk mematikan fitur tersebut.

Jika Anda sudah mematikannya dan status bar muncul kembali, itu tandanya permasalahan ada pada file sistem fitur auto brightness.

Lalu bagaimana jika status bar masih belum muncul juga? Itu berarti sumber masalahnya bukan dari fitur tersebut, silahkan coba beberapa cara lain di bawah ini.

2. Matikan Auto Rotate

Masalah notifikasi bar yang hilang dari Android juga bisa terjadi karena fitur auto rotate.

Fitur auto rotate sebenarnya sangat berguna, dengan adanya fitur ini layar HP akan secara otomatis ikut berputar menyesuaikan posisi HP tersebut.

Namun fitur ini juga bisa menjadi sumber masalah status bar yang hilang. Kenapa bisa demikian?

Karena saat Anda memutar HP dari posisi potrait ke landscape atau sebaliknya, maka notifikasi bar juga akan ikut berpindah.

Dengan begitu maka ada kemungkinan file sistem status bar mengalami error saat Anda mengubah posisi HP tersebut.

Jika status bar tersebut hilang setelah Anda mengubah posisi HP, maka kemungkinan besar disebabkan oleh fitur auto rotate tersebut.

Jadi untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan fitur auto rotate melalui menu Settings.

3. Hapus File Cache

Cara ketiga untuk mengatasi status bar hilang di Android adalah dengan menghapus semua cache dan sampah yang ada di HP Anda.

Hal ini perlu Anda lakukan karena mungkin saja masalah tersebut terjadi disebabkan oleh banyaknya file cache yang menumpuk di HP Android Anda.

Untuk menghapusnya, Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner bawaan di HP Android Anda atau menggunakan aplikasi cleaner lain yang bisa Anda download di Play Store.

4. Restart Android

Cara yang paling klasik namun terbukti berhasil untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di perangkat Android, yaitu dengan melakukan restart atau reboot.

Jika Anda sudah melakukan ketiga cara di atas dan tidak berhasil, mungkin Anda hanya perlu melakukan restart perangkat Android saja.

Dengan melakukan restart, semua file sistem yang ada di HP Android juga akan dimulai ulang dengan normal, termasuk status bar.

Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol power di HP Anda, lalu pilih restart atau reboot.

5. Factory Reset

Jika dengan melakukan semua cara di atas dan mungkin beberapa percobaan lain yang Anda lakukan sendiri namun masalah tersebut belum teratasi, mungkin satu-satunya jalan adalah dengan melakukan factory reset.

Dengan melakukan factory reset, semua data dan aplikasi di HP Android Anda akan dihapus, selain itu file sistem pada perangkat tersebut juga akan di reset ke pengaturan pabrik.

Jadi dengan melakukan cara ini, kemungkinan besar masalah status bar Anda akan teratasi.

Itulah artikel singkat mengenai cara mengatasi status bar hilang di Android. Sekian dan semoga bisa membantu.