Cara Memperkenalkan Diri Dalam Presentasi yang Baik Beserta Tujuannya

Pada saat melakukan presentasi, perkenalan diri adalah sesuatu yang penting. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara memperkenalkan diri saat presentasi dengan baik.

Jika perkenalan diri dilakukan dengan baik maka bisa jadi poin penting agar audiens tertarik dengan materi yang disampaikan berikutnya. Oleh sebab itu, di artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai contoh cara memperkenalkan diri yang baik.

Cara Memperkenalkan Diri dengan Baik

Agar bisa memperkenalkan diri dengan baik, ada beberapa cara yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperkenalkan diri dengan baik agar presentasi bisa berjalan dengan lancar dan menarik audiens:

  • Menyebutkan Nama yang Jelas

Dalam memperkenalkan diri dengan baik adalah dengan menyebutkan nama dengan jelas. Tentu saja hal ini bertujuan agar audiens bisa dengan jelas mendengar nama dan instansi yang disampaikan agar tidak terdengar ambigu atau salah mendengarkan nama.

Dalam menyampaikannya, presenter tidak perlu terburu-buru. Presenter bisa dengan jelas mengucapkan setiap suku kata agar bisa mudah dipahami dan diterima oleh audiens dengan baik.

Apabila nama yang dimiliki cukup panjang maka perkenalan diri bisa dengan disebutkan dengan nama yang singkat, yaitu berupa nama awal dan akhir saja.

Presenter juga bisa menggunakan nama sapaan yang sering digunakan. Apabila presenter memiliki nama yang unik, cara memperkenalkan diri bisa dengan mengkombinasikannya dengan penjelasan yang singkat agar bisa dengan mudah diingat oleh audiens.

  • Menjelaskan Kontribusi yang Akan Diberikan

Seorang presenter juga harus mampu untuk mengungkapkan secara singkat tentang hal-hal yang bermanfaat untuk audiens. Presenter bisa menyampaikan identitas diri lainnya yang berkaitan dengan presentasi, seperti jabatan, keterampilan atau pengalaman yang dimiliki.

Hal ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan audiens dan memberikan sedikit gambaran kontribusi dari presenter tentang materi yang dijelaskan. Jika kontribusi dan keterkaitan presenter semakin jelas maka semakin baik pula presentasi yang nanti dilakukan.

  • Menciptakan Transisi yang Baik

Setelah melakukan perkenalan dengan lancar, pastikan untuk melakukan perpindahan memasuki sesi berikutnya dengan baik. Cara untuk melakukan transisi dengan baik adalah dengan memberikan pengantar singkat mengenai topik presentasi yang akan dilakukan.

Tips Melakukan Perkenalan dengan Baik

Selain melakukan cara memperkenalkan diri dengan baik, seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa tips yang bisa digunakan seorang presenter untuk melakukan presentasi agar lebih lancar.

  • Memberikan Informasi Tambahan

Dalam sebuah presentasi, terdapat salinan materi yang diberikan dari presenter kepada audiens. Dalam hal ini, seorang presenter bisa memberikan beberapa informasi tambahan yang tidak ada dalam salinan materi yang diberikan.

Presenter bisa memberikan informasi tambahan mengenai data diri yang berkaitan dengan materi yang akan dipresentasikan.

  • Jangan Membicarakan Semua Hal

Seorang presenter juga harus memiliki informasi mana saja yang menarik dan bermanfaat untuk disampaikan dalam perkenalan. Hal ini tentu saja untuk menyesuaikan waktu presentasi yang terbatas sehingga pilih saja informasi yang paling berkaitan dengan materi secara singkat dan efektif.

Jika ada informasi lainnya yang juga penting, presenter bisa menambahkannya ke dalam salinan materi yang dibagikan kepada audiens. Presenter juga bisa menambahkan informasi penting tersebut di sela-sela menyampaikan materi.

  • Bersikap Rileks dan Humoris

Jika seorang presenter sudah bersikap rileks sejak awal perkenalan maka audiens akan merasa lebih nyaman dan terkesan natural. Selain itu, seorang presenter juga bisa memberikan sedikit lelucon yang humoris untuk membangun suasana yang tidak tegang antara presenter dan audiens.

Lelucon yang disampaikan bisa berupa pengalaman atau cerita humoris yang singkat mengenai perkenalan diri. Namun, dalam membuat cerita humoris pastikan juga bahwa cerita tersebut tidak menyinggung pihak manapun agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan setelahnya.

Tujuan Memperkenal Diri

Setelah mengetahui tips dan cara memperkenalkan diri dengan baik di atas, seorang presenter tentu harus mengetahui bahwa perkenalan diri sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut karena memperkenalkan diri pada saat presentasi memiliki beberapa tujuan.

Berikut ini adalah tujuan dari memperkenalkan diri dengan baik:

  • Menyampaikan Informasi

Menyampaikan informasi mengenai data diri pada saat presentasi merupakan hal yang penting. Hal ini memiliki tujuan agar audiens bisa memperoleh siapa dan apa pengaruhnya seorang presenter tersebut dalam menyampaikan materi presentasi yang akan dibahas.

Selain itu, hal ini juga memiliki tujuan agar audiens lebih tertarik dengan materi presentasi yang dibahas jika ternyata presenter yang akan menyampaikan memiliki kredibilitas, pengalaman atau bahkan ahli di bidang materi tersebut.

  • Mempengaruhi Audiens

Selain untuk menyampaikan informasi dasar, perkenalan diri juga memiliki tujuan untuk mempengaruhi audiens supaya lebih tertarik mengikuti presentasi yang akan dibawakan.

Dengan adanya informasi serta latar belakang presenter yang jelas bisa jadi meningkatkan minat audiens untuk mengikuti penyampaian materi tersebut dengan jelas.

Contohnya, materi presentasi yang memiliki tema kesehatan tentu saja akan lebih menarik untuk diperhatikan jika yang menyampaikan adalah seorang dokter. Oleh karena itu, akan lebih baik jika materi presentasi dibawakan oleh seseorang yang ahli dibidangnya.

  • Membangun Relasi yang Baik

Dengan melakukan perkenalan di awal presentasi maka hubungan yang terjalin antara pembawa materi dan audiens sudah terjalin dengan baik. Jika perkenalan hingga akhir presentasi sudah terbangun dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya audiens tertarik untuk mengikuti presentasi yang dilakukan oleh presenter di kemudian hari.

Semoga informasi mengenai tips, tujuan hingga cara memperkenalkan diri saat presentasi di atas bisa berguna dan membuat presentasi bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Jika dibutuhkan powerpoint untuk memperkenalkan diri, persiapkan secara matang dan kemas dengan menarik menggunakan template powerpoint yang bagus.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.