Cara Mempercantik Teras

agar teras makin cantik

Mengatur teras yang mungil menjadi tantangan tersendiri. Jika teras dibiarkan saja, rumah akan mempunyai bagian yang terasa kosong.

Namun, jika kita mencoba mendekornya, ukurannya yang mungil memerlukan perencanaan dan ide-ide yang tepat untuk mengaturnya.

Walaupun sulit, kita sebenarnya bisa menggunakan cara sederhana seperti menambahkan tempat duduk dan tanaman.

Berikut ini tips bagi Anda yang ingin mengatur teras mungil di rumah Anda agar dapat memaksimalkan estetika dan fungsinya.

tip agar teras makin cantik

Cara Mempercantik Teras Rumah

Area Duduk

1. Ukur Luas Teras Anda

Gunakanlah pengukur untuk mengukur luas dan lebar teras Anda. Dimensi ini akan membantu Anda menentukan apakah furniture tertentu cocok atau tidak.

2. Tambahkan Set Meja dan Kursi Kecil

Jika teras Anda berbentuk persegi dan bukan memanjang, Anda akan mempunyai cukup ruang untuk meja kecil dan beberapa kursi. Belilah set meja dan kursi kecil yang didesain untuk digunakan dalam ruang kecil, salah satunya teras rumah.

Carilah set furnitur yang dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan. Pilihlah meja bundar karena memungkinkan digunakan lebih banyak orang daripada meja persegi.

3. Tambahkan Bangku Taman

Jika teras Anda berbentuk memanjang dan bukan persegi, bangku taman panjang dapat menjadi pilihan yang tepat tanpa menghabiskan semua ruang.

Ada baiknya pula, untuk memilih bangku yang mempunyai tempat penyimpanan di bawahnya sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan bantal atau aksesori teras lainnya.

Jika Anda tidak ingin membeli bangku, Anda dapat menggunakan beberapa peti kayu yang diletakkan secara sejajar.

4. Sandingkan Sebuah Kursi dengan Meja Kecil

Jika set meja dan kursi tidak mencukupi untuk teras Anda yang kecil, pilih kursi luar ruangan dan letakkan meja kecil di sampingnya. Ini dapat Anda gunakan untuk meminum teh atau makan camilan di teras.

Tambahkan juga bantal untuk menambah kenyamanan jika digunakan untuk membaca buku atau kegiatan lainnya. Pilihlah kursi lipat agar mudah disimpan dan dipindah.

5. Beli Barang yang Tahan Cuaca

Furnitur di teras harus tahan terhadap cuaca panas, hujan, atau lembab. Gunakan logam, kayu jati, kayu cedar, dan bahan-bahan lainnya yang tahan cuaca.

Barang-barang ini akan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca dengan perawatan yang sedikit.

Dekorasi Menggunakan Tumbuhan

1. Perhatikan Paparan Cahaya Matahari di Teras Anda

Apakah teras Anda mendapatkan cahaya matahari sepanjang hari? Atau hanya mendapatkan cahaya matahari beberapa jam saja?

Tumbuhan berbeda membutuhkan paparan sinar matahari yang berbeda pula. Jadi, perhatikan berapa banyak matahari yang masuk ke teras Anda dan kapan saja waktunya.

2. Beli Pot Pelastik

Pot keramik mempunyai berat yang besar dan dapat menambah beban teras Anda. Gunakan pot pelastik karena lebih ringan dan lebih mudah dipindahkan.

3. Tanam Beberapa Tanaman

Mudah jika Anda ingin memenuhi teras Anda dengan tumbuhan yang indah. Namun, jika baru pertamakali menggunakan tanaman, mulailah dengan beberapa tanaman terlebih dahulu.

Anda belum tahu apa yang akan terjadi pada tanaman Anda. Mulai dengan tiga tanaman terlebih dahulu. Jika sudah bagus, Anda dapat menambah tanaman lainnya.

4. Pot Gantung Juga Bisa

Tanaman di pot memang akan meningkatkan keceriaan dari teras Anda. Sayangnya, banyaknya tanaman terkadang juga akan memakan tempat. Nah, jika memungkinkan, opsi menggunakan pot gantung bisa Anda coba.

5. Buat Privasi dengan Tanaman Vertikal

Jika teras Anda terhubung dengan tetangga atau terekspos langsung ke jalan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menanam tanaman yang dapat menambah privasi Anda.

Pilihlah tanaman vertikal seperti bambu yang dapat Anda masukkan ke dalam pot kecil dan disimpan di sepanjang teras Anda.

6. Rencanakan Sistem Penyiraman Anda

Pikirkan juga sistem penyiraman tanaman Anda. Perhatikan pula mengenai penyiraman tanaman supaya tidak membuat teras Anda kotor dengan tanah atau air yang menggenang.

Jika Anda termasuk orang yang sibuk, Anda bisa mencoba tanaman yang bisa menyimpan cadangan air agar Anda tidak perlu repot-repot menyiram tanaman setiap hari.

Demikianlah tips singkat cara supaya teras Anda makin cantik dan nyaman. Semoga bermanfaat, ya.