Cara Membuat Video YouTube dengan Teknik SEO

Ada yang menarik. Ketika kami coba ketikkan kata kunci tertentu, khususnya mengenai keyword tutorial, ternyata yang muncul di laman pertama Google bukan hanya ditunjukkan konten-konten artikel. Melainkan juga ada konten video dari YouTube yang relevan dengan keyword yang kita ketikkan.

Bisa jadi algoritma Google mulai memahami bahwa untuk informasi yang berkaitan dengan tutorial, sepertinya konten dalam bentuk video juga menarik. Bukan tanpa alasan, apalagi melihat minat baca orang Indonesia yang cenderung kecil dibanding orang-orang dari negara lain.

Nah, dalam hal ini pemahaman tentang SEO sepertinya juga penting bagi para content creator. Sehingga mereka bisa membuat video YouTube dengan teknik SEO yang memungkinkan video mereka akan lebih banyak ditonton. Sumber trafiknya bukan cuma dari beranda YouTube, melainkan juga dari organic search di Google.

Sekarang masalahnya, bagaimana sih cara membuat video YouTube dengan menggunakan teknik SEO?  Mengenai bahasan tentang SEO YouTube sebenarnya sudah banyak sekali bertebaran di internet. Namun, secara teknis yang membahas mengenai implementasi cara membuat video YouTube menggunakan teknik SEO.

Kali ini kami ingin jabarkan tahap demi tahap bagaimana caranya. Harapannya sih bisa membantu para content creator untuk mendapatkan lebih banyak trafik dan view videonya.

Riset Keyword

Langkah pertama adalah menentukan keyword, yaitu untuk memastikan target audiens dari konten video yang kita buat. Riset di sini untuk melihat informasi apa saja yang banyak dicari orang di search engine dan YouTube. 

Silahkan langsung saja buka situs Ahref Keyword Generator dan mulailah meriset kata kunci. Ubahlah settingan pencarian menjadi “YouTube” negara “Indonesia.” selanjutnya silahkan ketikkan kata kunci untuk kita cek volume penariannya. Klik “Find Keyword” lalu centang pada reCaptcha.

Perhatikan hasil pencarian keyword yang ada di laman hasil pencarian Ahref. Di sana ada beberapa pilihan keyword beserta estimasi volume pencarian perbulan untuk keyword-keyword tersebut. Silakan pilih yang volumenya tinggi. Karena semakin tinggi, semakin banyak potensi trafik yang didapat.

Setelah keyword kita dapatkan, selanjutnya kita mulai merancang konsep video. Bagaimana caranya? 

Merancang Konsep Video

Pertama yang harus kita lakukan adalah melihat video-video di YouTube yang memiliki target keyword yang sama. Caranya tinggal ketikkan saja di kolom pencarian YouTube, kata kunci yang tadi sudah kita pilih.

Coba amati beberapa video dan mulailah memikirkan konten seperti apa yang nanti hendak kita buat. Apakah akan mirip dengan konten-konten yang sudah ada, atau kita punya ide tersendiri yang menurut kita lebih menarik.

Untuk konten video tutorial, kita bisa coba dengan membuat konsep video menggunakan rekam layar laptop. Konsep ini cukup sederhana, nggak butuh biaya banyak, tapi banyak yang berhasil meraih view tinggi.

Mengenai bagaimana cara merekam layar laptop, hal ini sangatlah mudah. Langkah-langkah detailnya bisa coba cek di beberapa tutorial yang ada di internet. Seperti yang pernah kami baca di situs Ubixlo.com.

Setelah konsep selesai dirancang, selanjutnya kita mulai bikin konten videonya.

Membuat Konten Video

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten video antara lain:

Isi Video Relevan Dengan Judul dan Keyword

Jangan cuma mengandalkan judul clickbait saja ya. Kita harus komitmen bikin video yang relevan antara isi, judul,dan keyword target yang kita pilih. 

Memang judul clickbait cukup berhasil mendatangkan view, tapi jika durasi tonton kecil, bisa jadi lama-lama mesin Google akan menilai konten video kita kurang bagus. Sehingga nggak direkomendasikan di laman pencarian.

Memperhatikan Kualitas Gambar dan Audio

Kualitas gambar dan video sangat mempengaruhi kenyamanan audiens ketika menonton video kita. Jika kualitasnya buruk, bisa jadi kita akan kehilangan banyak penonton. Bahkan bisa ditinggal subscriber kita.

Maka dari itu kita perlu pertimbangkan kualitas video dan audio untuk konten video YouTube kita. Jadi, bisa dibilang dalam teknik SEO YouTube, kualitas video menjadi salah satu poin kunci yang harus dipenuhi.

Lakukan Editing Agar Tampak Lebih Baik

Kualitas gambar dan audio yang bagus, akan semakin baik jika editingnya juga bagus. Karena kadang editing yang kurang bagus bisa merusak kualitas video meskipun gambar dan audionya bagus.

Lakukan editing video menggunakan aplikasi atau software yang kita kuasai pengoperasiannya. Nggak harus software yang biasa dipakai para filmmaker professional, software sederhana pun jika kita menguasainya bisa kita gunakan untuk menghasilkan karya video yang berkualitas.

Setelah kita selesai membuat konten video, tahap selanjutnya adalah mengupload video ke YouTube. 

Upload Video YouTube

Melakukan upload video ke YouTube sebenarnya bisa menggunakan Hp, tapi di sini kami merekomendasikan untuk menggunakan laptop dan melalui YouTube Studio. Ada beberapa setting yang harus diperhatikan untuk menyesuaikan aspek SEO.

Masukkan Keyword Dalam Judul

Meski nggak harus eksak dan kaku, usahakan dalam judul video yang kita upload menganduk kata yang kita jadikan sebagai keyword target.

Pastikan Keyword Ada Dalam Deskripsi Video

Setelah mesin Google mengidentifikasi relevansi konten melalui keyword yang ada di judul, selanjutnya akan dilihat bagian deskripsi video. Di kolom deskripsi ini usahakan juga kita cantumkan keyword target.

Tambahkan Tag yang Berisi Keyword Turunan 

Selanjutnya bisa kita tambahkan beberapa keyword turunan pada bagian tag. Bisa lebih dari satu, tapi usahakan masih relevan dengan konten video yang kita upload.

Sampai pada tahap ini sebenarnya kita sudah coba menerapkan teknik SEO dalam video YouTube yang kita buat. Jika berhasil, maka akan mendatangkan trafik dan view di konten video kita.

Namun, jika gagal berarti ada proses yang harus kita perbaiki. Seperti yang pernah dibilang oleh praktisi SEO bahwa, kita perlu melakukan A/B testing untuk mendapatkan hasil yang optimal dari upaya SEO yang kita lakukan.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan memperbaiki proses. Karena dari setiap proses itulah yang mengantarkan kita pada puncak kesuksesan.