Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Android dan iOS

Terkadang kita tidak sadar terlalu lama membuang waktu kita bermain ponsel. Misalnya berjam berjam scroll facebook, instagram, atau tiktok.

Jika hanya sebentar sekedar mengisi waktu itu saya rasa tidak masalah, namun jika sampai menghabiskan waktu produktif tentu akan berbahaya jika dilakukan terus menerus.

Ada kalanya kita memantau berapa lama pemakaian kita dan aplikasi apa saja yang paling banyak menyita waktu. Menjadikannya bahan evaluasi untuk mengatur produktifitas.

Dikemudian hari kita bisa evaluasi agar kedepanya bisa lebih produktif lagi. Beruntunglah kita pengguna android, google sudah menyediakan sebuah fitur yang memang untuk memantau penggunaan kita terhadap smartphone ini.

Namanya adalah Digital Wellbeing. Digital wellbeing adalah aplikasi yang dikembangkan oleh google yang berfungsi menganalisa penggunaan anda dan membantu anda mengatur itu jika dibutuhkan. Aplikasi ini melakukan pengumpulan data dari berbagai suber, kemudian melaporkan kepada anda.

Bagaimana cara menggunakannya untuk memantau penggunaan anda terhadap aplikasi android? Berikut ini informasi yang kami kutip dari netgeek.id

  1. Masuk ke menu setting.
  2. Kemudian cari menu Digital Wellbeing. Jika tidak anda anda bisa install melalui playstore dengan memasukan kata kunci digital wellbeing.
  3. Kemudian Buka menu teresebut dan akan muncul informasi penggunaan anda terhadap aplikasi di android anda saat ini.
  4. Disana akan terlihat sebuah chart rasio penggunaan anda dari berbagai aplikasi yang mayoritas anda gunakan.

Bagaimana jika anda adalah pengguan iOS iPhone?

Kita bisa memanfaatkan fitur data tampilan layar (screen time) berikut ini caranya :

  1. Masuk ke menu setting di iPone anda.
  2. Kemudian cari tulisan Screen Timme.
  3. Jika belum pernah membuka menu ini sebelumnya, silahkan tekan Continue.
  4. Kemudian klik See All Acitivity. Kemudian scroll kebawah dan klik Show more jika ingin melihat daftar aplikasi yang lebih lengkap.
  5. Selanjutnya akan muncul data seberapa banyak penggunaan anda terhadap aplikasi di iphone anda.

Bisa juga anda download aplikasi pihak ketika yang mampu menampilkan data terhadap penggunaan aplikasi kita. Namun selama di smartphone kita memiliki fitur ini, tentunya kita tidak perlu repot repot untuk memasang aplikasi pihak ketiga yang belum tentu dapat bekerja dengan baik di ponsel tipe yang kita gunakan.

Nah bagaimana apakah saat ini anda sudah berfikir terlalu berlebihan atau cukup normal dalam penggunaan smartphone saat ini?

Jika anda sudah sadar tentang pentingnya mengatur waktu untuk gadget, selamat anda sudah melakukan tindakan tepat. Setiap jam dalam hari hari anda sebenarnya sangatlah berharga jika dapat dialihkan ke hal hal yang lebih produktif.

Berbeda jika memang pekerjaan utama anda bisa dikerjakan menggunakan smartphone maka hal hal seperti ini bisa anda abaikan saja.