Cara Cek Kesehatan Hardisk

Hardisk merupakan tempat penyimpanan data pada komputer atau laptop secara permanen. Pada umumnya, hardisk sering digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan juga data-data pengguna.

Hardisk mempunyai peranan yang sangat penting, tanpa hardisk maka komputer tidak akan bisa bekerja. Hardisk memproses data dengan cara memutar cakram (piringan) yang terdapat di bagian dalam, jadi ketika cakram berputar pada saat itulah data pengguna sedang dibaca dan diproses oleh hardisk.

Kesehatan hardisk tidak akan selamanya baik, jika usia sudah lama maka kemungkinan besar atau pasti kesehatannya akan menurun. Gejala awalnya mungkin hardisk akan lama ketika membaca data, paling parahnya adalah hardisk bisa tidak terbaca dan rusak.

Nah, untuk itu Anda harus mengecek kesehatan hardisk komputer Anda untuk mengetahui apakah masih bagus digunakan atau sebaiknya ganti saja. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara untuk mengecek kesehatan hardisk dengan software hardisk sentinel.

Mengecek kesehatan hardisk sangat penting, karena Anda tidak akan tahu kapan rusaknya hardisk tersebut. Dengan melakukan pengecekan hardisk, setidaknya Anda menjadi bisa memonitor kesehatan hardisk Anda. Dan yang terpenting, Anda bisa menyelamatkan data-data penting pada hardisk sebelum hardisk benar-benar rusak.

Software yang akan digunakan untuk mengecek kesehatan hardisk kali ini adalah Hardisk Sentinel. Hardisk Sentinel adalah software yang digunakan untuk pemantauan dan analisis Hardisk.

Tujuannya adalah untuk menemukan, menguji, mendiagnosis, dan memperbaiki masalah hardisk. Selain itu, hardisk sentinel juga dapat menampilkan kesehatan hardisk dalam bentuk presentase.

Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi untuk mengecek kesehatan hardisk selain Hardisk Sentinel. Namun, menurut kami aplikasi ini sudah keren karena mampu mendeteksi dan melaporkan setiap permasalahan secara rinci.

Cara Kerja Hardisk Sentinel

Hardisk Sentinel bekerja dengan pintar, yaitu berjalan di belakang sistem operasi untuk memverifikasi status kesehatan hardisk. Jika ditemukan hal yang diduga masalah, Hardisk Sentinel akan memberikan pesan pada pengguna beserta langkah yang perlu dilakukan.

Kita semua pasti sepakat kalau kesehatan hardisk pasti akan menurun setiap harinya. Dengan bantuan S.M.A.R.T dari Hardisk Sentinel, kita bisa tahu lebih dahulu ketika hardisk sudah tidak bagus performanya.

Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Aplikasi

Sebenarnya sangat banyak sekali fungsi dari hardisk sentinel ini, namun pada postingan ini hanya kami khususkan untuk mengecek kesehatan hardisk saja.

Untuk fungsi lainnya, mungkin akan kami buatkan artikelnya pada kesempatan kali. Bagi Anda yang ingin mengetahui kesehatan hardisk menggunakan hardisk sentinel silahkan lihat cara di bawah ini:

  • Silahkan unduh hardisk sentinel di website resminya > Hardisk Sentinel
  • Jika sudah, install softwarenya, pada langkah ini kami tidak akan memberitahukan caranya karena kami yakin Anda semua pasti bisa.
  • Setelah itu, buka software hardisk sentinel. Maka Anda akan mendapati tampilan seperti ini, untuk kesehatan hardisk sendiri bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini (yang kami beri anak panah).cara cek kesehatan hardisk dengan hardisk sentinel

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa hardisk yang kami gunakan masih sempurna, kesehatannya masih 100%. Jika kesehatannya sudah 99% ke bawah, maka silahkan segera backup data-data penting yang ada dalam hardisk tersebut karena biasanya hardisk sudah mulai rusak.

Selain untuk mengetahui kesehatan hardisk, aplikasi ini juga bisa mengetahui suhu serta kinerja hardisk, jadi kita benar-benar bisa memantaunya.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai cara mengecek kesehatan hardisk dengan aplikasi hardisk sentinel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.