Backpacker ke Jogja bagi Pemula

Jogja adalah salah satu destinasi wisata populer yang memiliki sejuta pesona keindahan alam hingga budaya yang kental oleh tradisi Jawa. Selain dikenal dengan masyarakatnya yang ramah, Jogja juga menyediakan berbagai fasilitas wisata yang ramah di kantong backpacker. Namun bagi pemula yang belum pernah backpacker ke Jogja, pasti masih bingung dalam merencanakan perjalanan liburannya.

Backpacker ke Jogja bagi pemula tidaklah serumit perjalanan liburan di luar negeri. Apalagi sekarang informasi wisata bisa diakses secara mudah melalui internet sehingga berbagai kebutuhan informasi liburan dapat diakses secara mudah. Bagi pemula yang ingin liburan ke Jogja ala backpacker, sebaiknya perhatikan beberapa trik di bawah ini.

Trik Backpacker ke Jogja Bagi Pemula

  1. Menyusun Rencana dan Riset

Bagi pemula sebelum perjalanan backpacker dimulai, sebaiknya buatlah jadwal kegiatan selama backpacker di Jogja. Anda juga perlu melakukan riset kebutuhan liburan secara mendalam agar nantinya perjalanan berjalan lancar. Riset tersebut juga bertujuan mencari informasi destinasi wisata yang sebaiknya dikunjungi selama liburan di Jogja.

Persiapkan juga penginapan dengan memesannya secara online sehingga ketika tiba di Jogja Anda dapat langsung beristirahat. Rencana dan riset yang matang, membantu Anda mempersiapkan liburan ala backpacker budget terbatas namun tetap menyenangkan.

  1. Pilih Kereta Api untuk Wisatawan dari Pulau Jawa

Anda bisa memilih kereta api sebagai moda transportasi hemat menuju ke Jogja. Biaya tiket kereta api pulang-pergi biasanya jauh lebih hemat dibandingkan jenis moda transportasi lain. Sedangkan bagi wisatawan luar Pulau Jawa, dapat mencari promo tiket pesawat murah dari maskapai penerbangan yang sering memberikan promo tahunan.

  1. Bawalah Perlengkapan Seperlunya

Buatlah catatan perlengkapan apa saja yang harus dibawa selama backpacker di Jogja agar liburan Anda menyenangkan dan hemat budget. Backpacker ke Jogja bagi pemula sebaiknya menghindari membawa perlengkapan yang berlebihan karena bisa menyulitkan mobilitas Anda. Untuk liburan 3 hari 2 malam, Anda dapat membawa 2 bawahan dan 3 lembar atasan.

  1. Menyewa Motor atau Mobil untuk Eksplore Jogja

Jogja mempunyai banyak destinasi wisata menakjubkan dan sayang bila dilewatkan begitu saja. Anda sebaiknya memilih sewa motor atau mobil untuk memudahkan saat menjelajahi berbagai tempat wisata terbaik di Jogja. Sewa motor atau mobil di Jogja juga membantu Anda menghemat biaya transportasi dibandingkan harus beberapa kali transit memakai kendaraan umum.

Apalagi sewa motor atau mobil tersebut dilakukan secara patungan dengan teman Anda, tentu harga sewanya semakin murah. Untuk destinasi wisata yang jaraknya dekat penginapan, lebih baik dijangkau dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan kota Jogja. Jangan lupa teman mampir di tebing breksi.

  1. Menikmati Kuliner Kaki Lima

Anda pasti tidak ingin melewatkan sajian kuliner khas Jogja yang terkenal enak dan murah. Sebagai backpacker Anda bisa memilih kuliner kaki lima atau pasar tradisional dengan harga sangat terjangkau dan dijamin enak. Beberapa rekomendasi kuliner kaki lima yang murah di Jogja yaitu mie persis telap 12, warung sate kere Pak Mardi, dan lain-lain.

  1. Persiapkan Uang Receh Kecil

Backpacker pemula sebaiknya mempersiapkan uang receh kecil saat liburan ke Jogja, agar memudahkan transaksi. Dengan uang receh kecil tersebut Anda bisa memisahkan antara uang nominal besar dan kecil pada tempat berbeda sehingga lebih aman.

Jogja memang menjadi tujuan liburan sekaligus berpetualang bagi backpacker pemula yang memiliki budget terbatas. Dengan menerapkan trik-trik di atas, Anda tak perlu khawatir lagi untuk mencoba menjadi seorang backpacker. Apalagi Jogja menyediakan fasilitas wisata yang sangat lengkap sehingga dapat menunjang petualangan liburan yang lebih seru dan tak terlupakan. Artikel ini ditulis oleh kontributor website wisata Rutemu.