Anjuran Saling Memberi Hadiah untuk Sesama Muslim

Setiap umat muslim haruslah memiliki ukhuwah islamiyah yang kuat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan saling peduli satu sama lain, saling memberikan kasih sayang dan empati.

Ada beragam sarana yang bisa dipilih agar ukhuwah islamiyah ini menjadi semakin kuat, salah satunya ialah dengan memberikan hadiah.

Hadits Saling Memberikan Hadiah untuk Orang Lain

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al-Bukhari). Nah, dalam memberikan hadiah tersebut tidak dilihat dari sisi materi, namun lebih dilihat dalam sisi maknawinya. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai para wanita kaum muslimin, janganlah ada seorang tetangga meremehkan pemberian tetangganya yang lain sekalipun ia (pemberian tersebut) berupa ujung kuku unta.” (HR. Al-Bukhari).

Manfaat Ukhuwah Islamiyah Bagi Umat Muslim

Dengan saling memberikan hadiah, maka hal tersebut akan memperkuat ukhuwah islamiyah sesama muslim sehingga umat muslim tidak akan mudah terpecahkan. Dengan saling menjaga persaudaraan satu sama lain ini memberikan banyak sekali manfaat. Berikut manfaat dari menegakkan ukhuwah islamiyah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menciptakan kerukunan hidup antar sesama warga.
  2. Menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Menciptakan solidaritas yang sangat kuat antar umat muslim.
  4. Menimbulkan rasa tenggang rasa serta tidak mendzalimi satu sama lain.
  5. Tumbuh sikap saling memahami antar umat.
  6. Tumbuh sikap saling tolong-menolong.

Dengan ditegakkannya ukhuwah islamiyah tentu memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan. Selain itu, hidup juga akan menjadi lebih tenang dan damai karena masyarakat saling hidup rukun dan melindungi satu sama lain.

Dalam surat al-Hujurat ayat 10 Allah SWT berfirman yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian dan bertawakalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS. Al-Hujurat: 10).

Hal tersebut juga dijelaskan pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya:

“Orang muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak akan menganiayanya dan tidak akan menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa ada di dalam keperluan saudaranya maka Allah ada di dalam keperluannya. Barang siapa menghilangkn suatu kesukaran dari orang muslim, maka Allah akan menghilangkan satu kesukaran-kesukaran yang ada pada hari kiamat. Dan barang siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah aan menutupi (aibnya) pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Manfaat Berbagi dengan Sesama

Dengan memberikan hadiah kepada orang lain, maka hal tersebut sama saja bahwa kita sudah berbagi dengan sesama. Berbagi dengan sesama memiliki banyak manfaat, salah saunya adalah untuk keberkahan hidup diri sendiri ataupun orang lain. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda berbagi kepada orang lain.

  1. Menularkan kebaikan kepada orang lain.
  2. Membuat persaudaraan dan persatuan menjadi lebih kuat.
  3. Meningkatkan kepedulian sosial dengan lingkungan sekitar.
  4. Mengurangi stress dan membuat Anda menjadi lebih bahagia.
  5. Menjadi lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.
  6. Semakin dihargai dan dihormati oleh orang lain.

Saling memberikan hadiah dan berbuat baik kepada orang lain akan menciptakan persaudaraan dan persatuan yang lebih kuat. Selain itu, membahagiakan orang lain dengan memberikan hadiah maka akan diberikan pahala oleh Allah SWT jika hal tersebut dikerjakan dengan niat yang tulus.

Agama Islam sudah mengajarkan untuk saling berbagi dan menolong orang yang sedang membutuhkan pertolongan. Dengan begitu akan tercipta ukhuwah islamiyah antar umat muslim yang tidak akan mudah terpecah belah. Untuk pembahasan lengkap mengenai manfaat Ukhuwah, silahkan kunjungi https://www.dakwahdaily.com.