cara merawat motor matic

Pada saat ini mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan motor matic. Mengapa demikian? Disamping mudah untuk digunakan motor matic juga memberikan kenyamanan kepada pengendara nya.

Disamping itu juga masyarakat lebih memilih motor matic karena sistem operasi yang mudah serta nyaman digunakan pada jalanan yang macet.

Namun bagi kalian para pengguna motor matic, apakah kalian sudah merawat kendaraan tersayang anda dengan benar? Atau bahkan kalian jarang memperhatikan kebugaran mesin motor kalian? Seminimalnya kita harus memeriksa kondisi aki dan busi motor, baik itu tipe matic, manual, motor dengan sistem injeksi atau karbu.

Perawatan motor matic itu sangat diperlukan, agar motor kesayangan anda tetap bisa digunakan sebagaimana fungsinya.

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa cara merawat motor matic yang sangat mendasar, baik motor dengan sistem injeksi atau karburator yang di kutip dari mamangbengkel.com

Memanaskan motor pada saat sebelum pemakaian

cara merawat motor matic
memanaskan motor

Mengapa memanaskan motor sebelum digunakan harus dilakukan? Selain berguna agar oli mesin dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin, memanaskan motor juga bertujuan untuk menjaga temperatur mesin serta membuat tingkat pembakaran bahan bakar yang stabil.

Seminimalnya kita memanaskan motor dalam kurun waktu 5-10 menit dengan melakukan kick-starter di awal dengan kontak dalam keadaan off. Setelahnya baru kita nyalakan kontak dan mulai menghidupkan mesin.

Check kondisi bahan bakar

cara merawat motor matic
BBM

Selanjutnya kita beralih kebagian bahan bakar. Hal ini tentu saja penting karena tanpa bahan bakar tentunya motor kita tidak dapat digunakan.

Biasakan selalu memperhatikan jarum indikator bahan bakar kalian dan jangan dibiarkan tetap pada keadaan empty (kosong), apalagi pada kendaraan matic tipe injeksi.

Jika motor injeksi tetap digunakan pada keadaan empty (kosong) akan menyebabkan kendaraan tersebut mogok. Serta melakukan pengisian ulang bahan bakar harus di tempat pengisian resmi saja (seperti Pertamina).

Baca juga modifikasi motor klx

Penggantian oli mesin secara rutin

Tak kalah penting juga, penggantian oli mesin secara ruitn bertujuan untuk berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Untuk penggantian/perawatan oli mesin biasanya ada buku panduan servis umumnya tertera ganti oli motor setiap 4.000 km atau 4 bulan tergantung mana yang dicapai lebih dahulu.

Namun biasanya anjuran dari para mekanik bengkel resmi dan non-resmi, biasanya mereka menganjurkan untuk mengganti oli sebluna sekali atau pada setiap 2.000 km.

Check kondisi busi dan aki

Busi dan karbu berperan pada sistem kelistrikan pada motor. Apabila salah satunya mengalami disfungsi, segera ganti dengan suku cadang yang baru agar sistem kelistrikan tetap normal dan juga menjaga performa motor agar tetap tampil prima.

Check kondisi v-belt dan roller

Fungsi roller sebagai pemberi tekanan keluar pada rumah roller sehingga memberikan perubahan diameter pada v- belt yang mana membuat roda dapat bergerak.

dengan kata lain, roller pada cvt motor matic berfungsi untuk membantu mengatur putaran mesin rendah ke tinggi seperti yang telah di lansir dari berbagai sumber.

Apabila kondisi keduanya memang sudah tidak layak, disarankan untuk mengganti spare part dengan yang ori (asli).

Check kondisi ban

Ban biasanya memiliki umur pakai, dilihat dari tingkat keausan ban-nya. Namun pemakaian yang tidak teratur seperti tiba tiba rem mendadak, terlalu lama parkir di bawah terik matahari dapat menyebabkan ban mudah aus.

Jaga selalu kondisi ban yang tidak aus agar laju motor tidak mudah slip (jatuh).

Itulah beberapa tips merawat motor matic yang dapat kami berikan, agar motor kesayangan kalian dapat bertahan lebih lama dan selalu tampil prima.