tips memilih ban

Setiap harinya, mayoritas masyarakat Indonesia pasti menggunakan sepeda motor untuk bepergian baik itu ke tempat kerja, kampus, bahkan ke tempat tongkrongan.

Dan tentu saja selain mesin dan spare part yang membuat motor dapat dioperasikan, ada juga ban motor.

Ban motor adalah salah satu komponen yang penting yang berfungsi sebagai penerus gaya gerak dari mesin serta penopang beban kendaraan serta menentukan sekali laju kendaraan kalian.

Bila jarang di rawat/perhatikan, ban akan cepat aus (gundul) dan membuat performa motor tidaklah maksimal. Serta faktor pemilihan ban motor yang akan digunakan pada kendaraan sangat berpengaruh terhadap penggunaan tenaga pada mesin.

Berikut adalah beberapa tips memilih ban motor yang tepat agar kualitas ban tetap awet dan tahan lama.

Perhatikan reputasi dan kualitas dari merek ban yang akan di pilih

tips memilih ban
Corsa

Banyak sekali produsen ban yang sering mempromosikan bahwa kualitas produk merekalah yang terbaik.

Nah, di sinilah kita harus teliti sebelum mengganti ban motor kalian dengan produk ban yang memang sudah teruji baik di kelas nasional atau pun internasional, karena sudah sangat pasti jika sesuai dengan standar maka kualitas pun tidak akan memungkiri.

Pilihlah ukuran ban yang sesuai dengan Velg

selanjutnya, untuk pemilihan ukuran ban harus benar benar sesuai dengan ukuran velg motor kalian. Ukuran yang tidak sesuai akan menyebabkan laju kendaraan menjadi kurang maksimal serta penampilan yang kura ok.

Jikalau terpaksa membeli ban yang ukurannya lebih besar, diusahakan ukurannya tidak lebih dari 2 inci sesuai toleransi yang diberikan dari produsen motor.

Tentukan jenis ban

perlu diketahui oleh kalian, ada dua jenis ban diantaranya yaitu jenis ban kering dan jenis ban basah. Kedua jenis tersebut dapat digunakan di jalanan Indonesia.

Kenapa? Dikarenakan iklim tropis yang ada di Indonesia dimana perbandingan antara musim hujan dan kemarau yang seimbang.

Namun kami sarankan untuk sekarang lebih baik menggunakan ban berjenis basah dikarenakan iklim yang tidak menentu, serta kualitas nya yang tidak kalah baik dari ban jenis kering dimana memiliki tingkatan grip yang tinggi di lintasan kering.

Pemilihan motif atau ukiran ban yang tepat

motif ban sangat berpengaruh pada kinerja ban baik jenis kering ataupun basah. Dikarenakan motif pada ban bertujuan untuk menyingkirkan air ke samping permukaan ban agar ban masih dapat mencengkeram permukaan lintasan.

Disarankan untuk memilih motif yang searah agar dapat secara maksimal menyingkirkan genangan air yang ada di lintasan.

Pilihlah ban dengan permukaan telapak yang sedang
ada lagi satu faktor yang harus di perhatikan selain motif, jenis, dan ukuran yaitu permukaan ban.

Sebaiknya kalian menggunakan jenis telapak ban dengan berukuran sedang. Namun bukan berarti harus bertelapak kecil seperti ban yang sering digunakan para anak muda yang memodifikasi motor mereka menjadi thailook style ya.

Dengan menggunakan ban bertelapak sedang akan membuat tenaga yang dihasilkan mesin tidak akan berlebih sehingga dapat membuat maneuver motor lebih lincah.

Perhatikan tanggal pembuatan

sama halnya seperti membeli makanan atau minuman. Ban juga memiliki tanggal produksi supaya konsumen tahu akan seberapa lama masa penggunaan ban tersebut ketika dipasang pada kendaraannya.

Sesuaikan dengan budget kalian

hal paling mendasar ialah budget (biaya). Lebih baik menggunakan ban sesuai dengan dengan kebutuhan kalian saja daripada rela merogoh kocek lebih mahal agar terlihat keren dimata teman.
Itulah beberapa tips memilih ban motor dari kami, semoga dapat membantu kalian dalam memilih ban motor baru kalian.